Desa Penglipuran Mulai Terapkan e-Tiketing

picsart 22 08 24 21 29 33 802
ELEKTRONIK TIKET - Objek Wisata Desa Tradisional Penglipuran, di Kelurahan Kubu, Bangli, mulai menerapkan elektronik tiket bagi para pengunjung.

Bangli, DENPOST.id

Objek Wisata Desa Tradisional Penglipuran, di Kelurahan Kubu, Bangli, mulai menerapkan elektronik tiket bagi para pengunjung. Tujuannya untuk meminiaisir terjadinya kebocoran dan transparansi tiket.

Manajer Pengelola Desa Wisata Penglipuran, I Wayan Sumiarsa, mengatakan pihaknya juga menyiapkan dua petugas untuk memastikan jumlah pengunjung yang masuk. Di mana, sebelum e-tiketing diberlalakukan sejak 22 Agustus 2022, penjualan tiket dilakukan secara manual dengan sobekan tiket dan rekap manual. “Kalau manualnya yang paling lama saat merekapnya bisa sampai larut malam. Belum lagi ada selisih tiket yang terjual dan jumlah uang,” ungkapnya, Rabu (24/8/2022).

Baca juga :  Kunjungi Pasar Kidul, Wakapolres Bangli Bagikan 100 Masker

Lanjut Sumiarsa menjelaskan sebelum e-tiketing tersebut diterapkan semua manajemen pengelola objek wisata telah mendapat pelatihan oleh pihak penyedia layanan. “Sistem e-tiketing mengunakan beberapa metode pembayaran mulai dari non tuni, debit mobile bangking dan transaksi yang lainnya. Untuk pembayaran tunai masih kita terima,” jelasnya.

Dengan penerapan e-tikening, diyakini menyajikan jumlah kunjungan yang transpansi, serta mampu minimimalisir kebocoran lantaran setiap transaksi bisa dipantau secara real time. Sementara untuk tiket tidak ada kenaikan, yakni untuk domestik Rp25 ribu, anak-anak Rp15 ribu, mancanegara dewasa Rp50 ribu dan anak-anak Rp30 ribu. (128)

Baca juga :  Terpeleset, Dua Pendaki Nyangkut di Jurang Gunung Batur

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini