Cuaca Buruk, Penyeberangan Selat Bali Perlu Diwaspadai

picsart 22 08 26 14 13 12 765
WASPADA - Penyeberangan di Selat Bali dengan lintasan ekstriem dan arus bawah yang kuat perlu diwaspadai.

Negara, DENPOST.id

Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir berdampak besar bagi aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk. Angin kencang memicu gelombang tinggi, bahkan bisa menghempaskan kapal hingga kandas. Seperti yang dialami Kapal Motor Penumpang (KMP) Tunu Pratama Jaya 3888 yang kandas di Selat Bali, Kamis (18/8/2022) lalu. Sepekan tak bisa bergerak, akhirnya pada Kamis (25/8/2022), kapal tersebut lepas kandas.

Koordinator Satuan Tugas Pelaksana (korsatpel) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) I Nyoman Sastrawan mengatakan, KMP Tunu Pratama Jaya bisa lepas kandas dengan melakukan olah gerak sendiri saat air laut mengalami pasang tertinggi.
“Ya air sudah pasang tertinggi sehingga bisa lepas. Sempat ditarik juga tapi tidak bisa,” jelsnya.

Baca juga :  Pemeriksaan Penumpang di Pos KTP Gilimanuk Diperketat

Setelah lepas dari kandas, kapal tersebut menjalani pemeriksaan oleh Marine Inspector Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk.

Terkait cuaca buruk yang terjadi belakangan ini, Sastrawan mengatakan, penutupan pelabuhan atau penundaan pemberangkatan kapal sering dilakukan. Karena itu nakhoda diharapkan selalu waspada karena arus di Selat Bali sangat kuat.
Untuk mengantisipasi kapal kandas, lanjut Sastrawan, kehati-hatian saat penyeberangan sangat diperlukan. “Lintasan di Selat Bali ini memang ekstrem, apalagi cuaca tidak bersahabat. Ini saja tiga hari berturut-turut penutupan dermaga,” jelasnya.

Baca juga :  Siapkan Rapid Test, Jembrana Prioritaskan Tenaga Medis

Sebelumnya, KMP Tunu Pratama Jaya kandas di perairan dangkal wilayah perairan Selat Bali. Kapal ini tidak dapat bergerak di jarak 200 meter dari dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk. Kapal diketahui terseret arus saat mundur untuk bermanuver menuju Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini