MenPAN RB Minta Data Pegawai Non-ASN, Wirasa Tepis Isu Pengangkatan ASN

picsart 22 08 26 21 00 24 357
Kepala BKPSDM Gianyar, Wayan Wirasa

Gianyar, DENPOST.id

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) belakangan ini meminta instansi di daerah menyampaikan data pegawai non-aparatur sipil negara (ASN) paling lambat 30 September 2022. Hal ini membuat isu berkembang di lapangan akan adanya pengangkatan ASN.

Namun hal tersebut cepat ditepis Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gianyar, Wayan Wirasa, Jumat (26/8/2022). Dikatakannya, pengajuan data tenaga non-ASN ke pusat ini bukan untuk mengangkat tenaga non-ASN menjadi ASN tanpa tes.
Pendataan ini, lanjutnya, merupakan bagian upaya pemerintah untuk memetakan dan mengetahui jumlah pegawai non-ASN di lingkungan instansi pemerintah daerah. “Ini merupakan bagian penataan tenaga non-ASN agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi,” terangnya.

Baca juga :  Diduga Api Dupa, Rumah Warga Terbakar

Dikatakan pula, langkah pemerintah ini dilakukan untuk mewujudkan adanya keseimbangan antara efektivitas organisasi, ketersediaan anggaran dan kebutuhan.
Wirasa menegaskan, penyampaian data pegawai non-ASN ini hanya untuk mempercepat inventarisasi data pegawai non-ASN dan menyampaikan data tersebut ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Disebutkan Wirasa, penyampaian data tenaga non-ASN ke BKN untuk menindaklanjuti Surat Menteri PANRB Nomor B/1511/M.SM.01.00/2022 tanggal 22 Juli 2022 tentang Pendataan Tenaga Non-ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Menindaklanjuti surat Menteri PANRB, BKPSDM selanjutnya juga telah bersurat ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca juga :  Cegah KTA dan TPPO, DP3AP2KB Gianyar Gencar Koordinasi Lintas Sektor

Menurut Wirasa, OPD di Kabupaten Gianyar hingga kini masih memanfaatkan tenaga non-PNS. Ini mencakup tenaga harian, tenaga guru tidak tetap (GTT), dan tenaga harian lepas.
Data terakhir, sekitar 114 unit kerja telah melaporkan tenaga non-ASN. “Jumlah tenaga non-ASN di Kabupaten Gianyar sekitar 5.800 orang. Untuk lebih pastinya, tunggu hasil rekapan data masing-masing OPD yang akan dilaporkan ke BKN,” sarannya. (116)

Baca juga :  "Top Model Indonesia" Digelar dengan Prokes Ketat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini