Tumpek Uye, Monyet Berebut Buah di Areal Pura Uluwatu Jadi Tontonan Wisman

picsart 22 08 28 17 50 15 279
SANTAP BUAH - Monyet yang antusias menyantap gebogan buah dan wisatawan ramai-ramai mengabadikannya.

Pecatu, DENPOST.id

Setelah sempat didominasi wisatawan domestik (Wisdom) selama pandemi Covid-19, kunjungan ke DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, kembali seperti sebelum pandemi. Di mana, wisatawan mancanegara kembali mendominasi kunjungan hingga 70 persen. Sedangkan sisanya, yakni wisdom sebanyak 30 persen.

Hal itu, diungkapkan Manajer Pengelola DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, Wayan Wijana ditemui di sela-sela pelaksanaan tumpek uye atau tumpek kandang di areal alas kekeran Pura Uluwatu, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga :  Petenis Meja Jakarta Singkirkan Thailand di Final Internasional Tabble Tennis Championship 2022

Wijana mengatakan pelaksanaan tumpek uye di kawasan DTW Uluwatu, bersinergi dengan Desat Adat Pecatu. Pelaksanaan upacara yang rutin digelar setiap 6 bulan sekali ini, sebagai bentuk implementasi dari konsep Tri Hita Karana, yakni hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, serta manusia dengan alam.

Di mana, setelah dilaksanakan upacara dilakukan pemberian makan berupa buah-buahan kepada ratusan monyet yang ada di sana. “Ini merupakan aset dan potensi yang terus kami kembangkan sebagai daya dukung destinasi ini,” ujarnya, saat mendampingi Bendesa Adat dan Perbekel Pecatu yang hadir dalam upacara tersebut.

Baca juga :  Target Tuntas Lima Hari, Vaksinasi di Kerobokan Kelod Sasar 9.792 Orang

Hal senada disampaikan Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta. Kegiatan tumpek uye di Pecatu dilaksanakan dengang menghaturkan upacara ke ida batara yang dilaksanakan di areal alas kekeran DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu. Selanjutnya surudan dari upacara tersebut, dipersembahkan kepada ratusan monyet yang ada di sana.

Sementara momen monyet yang menyerbu surudan ini menjadi kesempatan para wisatawan mengabadikan momen itu. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini