Distan Badung Gelar Perayaan Tumpek Uye

picsart 22 08 28 17 53 07 033
TUMPEK UYE - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, saat menggelar perayaan tumpek uye di Sentra Ternak Sapi Bali Desa Sobangan, Sabtu (27/8/2022).

Mangupura, DENPOST.id

Untuk mempercepat penanganan PMK, di samping gencar melakukan vaksinasi menyasar seluruh ternak sapi yang ada, Satgas Penanganan PMK juga melaksanakan upaya niskala dengan menggelar perayaan tumpek uye. Hal ini juga sebagai wujud rasa syukur dan untuk memohon keselamatan dan perlindungan terhadap seluruh hewan ternak.

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana mengungkapkan hal itu usai melaksanakan persembahyangan dan ritual keagamaan memperingati tumpek uye yang dipusatkan di Sentra Ternak Sapi Bali Desa Sobangan, Sabtu (27/8/2022), yang diikuti tim vaksinator, dosen FKH Unud, dan petugas Sentra Ternak Sapi Sobangan.

Baca juga :  Sering Hadiri Karya Yadnya, Suyasa Sebut Tak Ada Unsur Politis

“Perayaan tumpek uye merupakan salah satu kearifan lokal Bali, di samping sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan, sekaligus dimaknai sebagai bentuk perhatian dan penghormatan, serta rasa kasih sayang manusia terhadap makhluk hidup atau hewan ternak,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan dia, dalam konteks kekinian di tengah merebaknya wabah PMK dan rabies di berbagai daerah, perayaan tumpek uye dapat lebih diimplementasikan dalam bentuk perhatian terhadap kesejahteraan dan kesehatan hewan melalui upaya pengobatan terhadap ternak sakit maupun pemberian vaksinasi.

Baca juga :  Satpol PP Buleleng Siap Amankan Nataru

Ditambahkan dia, berkat kerja keras Satgas PMK dan adanya kesadaran dari masyarakat, khususnya para peternak, saat ini tidak ada lagi penambahan kasus PMK. Hal ini tidak terlepas dari upaya vaksinasi yang gencar dilakukan, sehingga kini cakupan vaksinasi PMK sudah mencapai 18.205 ekor untuk suntikan I dan 4.461 ekor suntikan II. “Mudah-mudahan dengan upaya ini lalu lintas ternak bisa normal kembali,” harapnya. (115)

Baca juga :  Sekda Adi Arnawa Terima 1.000 Paket Sembako dari BPJS Ketenagakerjaan Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini