Suarakan Bahaya Narkoba, BNNP Bali Gelar Pertandingan Basket

basket1
PERTANDINGAN BASKET - BNNP Bali menyelenggarakan pertandingan basket di Beach Court Discovery Mall, Kuta, Badung. (DenPost.id/ist)

Kuta, DenPost.id

Sebagai upaya memberantas dan memerangi narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali menyelenggarakan pertandingan basket di Beach Court Discovery Mall, Kuta, Badung. Pertandingan basket 3 X 3 yang diikuti 103 tim itu bertajuk ‘’drunk on drugs’’ dengan lima kelas.

Kepala BNNP Bali Brigjen Pol.I Gde Sugianyar Dwi Putra mengatakan pertandingan tersebut digelar selama dua hari yakni Sabtu (27/8/2022) dan Minggu (28/8/2022). Pertandingan yang melibatkan 103 tim ini dibagi dalam lima kelompok yakni kelompok umur 10 tahun -12 tahun, kelompok umur 14 tahun, kelompok umur 16 tahun, kelompok veteran yakni usia 35 ke atas, dan kelompok umum.

Menurut Brigjen Sugianyar, kegiatan basket tersebut juga untuk mensosialisasikan hidup sehat tanpa narkoba. Dia mengimbau kelompok masyarakat yang telanjur jadi pengguna narkoba agar segera melapor ke BNN terdekat agar mendapat layanan rehabilitasi gratis. Sedangkan warga umum lainnya supaya jangan terpengaruh hingga terjerumus masalah narkoba.

Sugianyar mengungkapkan perang terhadap narkoba lewat pertandingan basket yang melibatkan masyarakat se-Bali ini sejalan dengan pendekatan pemberantasan narkoba yang diprogramkan Kepala BNN RI Komjen Reinhard Golose. Pendekatan yang dilakukan lewat pertandingan basket ini yakni soft power. “Kegiatan yang kami laksanakan ini bekerja sama dengan Discovery Mall dan Kanwil Kemenkumham Bali. Ini merupakan salah satu strategi untuk menangani narkoba, dan strategi soft power dengan pendekatan olahraga basket,” ungkap mantan Kepala BNNP NTB ini.

Baca juga :  Perampok Bersenjata Golok Ditembak Polisi

Dia mengungkapkan dalam kegiatan itu juga ditampilkan grup band SID dengan bintang I Gede Aryastina alias Jerinx dan Antrabrez yang merupakan band WBP Lapas Kerobokan. Kehadiran Jerinx dan Antrabrez ini sebagai musisi dan sebagai duta anti-narkotika BNNP Bali. Jerinx sengaja diundang karena punya pengikut di medsos yang sangat banyak. Sugianyar berharap melalui akun medsos milik Jerinx, pengikutnya teredukasi, sehingga terhindar dari masalah narkoba.

Baca juga :  Destinasi Wisata Dibuka, Kunjungan ke Pantai Pandawa Terus Menggeliat

“Saya mengajak masyarakat yang telanjur memakai narkoba agar jangan ragu dan takut melapor diri ke BNN. Tidak diproses hukum, identitas dirahasiakan, dan tidak dipungut biaya alias gratis,” ungkap Sugianyar, dalam sambutannya yang juga disiarkan melalui kanal YouTube BNNP Bali.

Melalui kegiatan ini, BNNP Bali berharap agar masyarakat, khususnya generasi muda, mengasah bakat dan menerapkan hidup sehat tanpa ketergantungan pada narkoba. Sugianyar berharap agar pemain basket muda yang ikut dalam turnamen ini suatu saat nanti menjadi atlet andalan Bali, bahkan Indonesia. “Kenapa menggelar pertandingan basket? Karena basket merupakan penyumbang medali dalam Sea Games di Vietnam 2021. Salah satu atletnya dari Bali. Para atlet yang meraih medali itu dahulu melalui proses kejuaraan seperti ini. Melalui kegiatan ini juga kami promosikan pariwisata Bali,” tandasnya. (yan)

Baca juga :  727 Pelaku Pariwisata dan Warga Penyangga Terima Vaksin Tahap Akhir

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini