Gelombang Besar Terjang Pantai Kuta, Pengunjung Diminta Waspada

ombak
IMBAU PENGUNJUNG - Petugas Balawista mengimbau wisatawan yang berenang agar keluar mengingat gelombang yang cukup tinggi. DENPOST.id/ist

Kuta, DENPOST.id

Gelombang besar secara tiba-tiba menerjang kawasan Pantai Kuta, Selasa (30/8/2022) siang. Hal ini sempat membuat kaget beberapa pengunjung yang ada di Pantai Kuta. Beruntung gelombang besar yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut tidak sampai menelan korban. Baik dari pedagang maupun pengunjjung yang ada di sana.
“Memang tadi sekitar jam 12-an tiba-tiba gelombannya cukup tinggi, namun kami sudah antisipasi dengan mengimbau para pengunjung,” ujar Kepala UPDT Balawista Kecamatan Kuta, I Ketut Ipel.

Baca juga :  PANCAROBA, WASPADA PUTING BELIUNG DAN HUJAN ES

Menurut Ipel, naiknya gelombang ini memang umum terjadi setiap selesai Purnama (bulan penuh) atau Tilem (bulan mati). “Memang yang terjadi tadi secara tiba-tiba sehingga cukup mengagetkan. Tapi yang tinggi itu gelombangnya bukan ombaknya, sehingga tidak terlalu naik ke daratan,” imbuhnya.

Dia mengaku sudah menginstruksikan jajarannya untuk bersiaga dari Pantai Kuta hingga Seminyak guna mengantisipasi gelombang tinggi ini. Selain itu juga terus mengimbau pengunjung agar waspada dan mematuhi tanda larangan berenang yang sudah dipasang.

Apakah jika gelombang kembali tinggi kawasan pantai akan ditutup? Ditanya begitu, Ipel menegaskan tidak ada penutupan karena hanya gelombang yang tinggi. “Kecuali kalau gelombang tinggi disertai arusnya kuat, baru kita lakukan buka-tutup untuk pengunjung yang mau berenang atau mandi. Kalau pantainya tetap buka seperti biasa,” katanya.

Baca juga :  Keluyuran Saat Nyepi, WNA Dirantai Pecalang

Hal senada disampaikan Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasista. Dari informasi petugasnya di lapangan, gelombang tinggi terjadi tidak terlalu lama. Selain itu air yang naik juga tidak sampai ke jalanan. “Katanya jam 2-an sudah surut dan naiknya tidak sampai ke jalan raya,” imbuhnya.
Meski demikian dia tetap mengimbau baik pedagang maupun pengunjung agar tetap melakukan antisipasi mengingat kondisi cuaca yang berubah-ubah belakangan ini. (113)

Baca juga :  Hunian Hotel di Bawah 10 Persen, Ini Harapan PHRI Badung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini