Dimaafkan Korban, Pencuri Dompet Bebas

maaf
DAMAI - Kajari Jembrana, Salomina Meyke Saliama, saat proses perdamaian kasus pencurian dompet, di Kejari Jembrana, Selasa (30/8/2022).

Negara, DENPOST.id

Pencuri dompet, Her P, mendapatkan kebebasan setelah perbuatannya dimaafkan oleh korban yang merupakan warga negara asing (WNA), Mr. NJ. Kejaksaan Negeri (Kejari) Jembrana menempuh langkah restorative justice (RJ) atas perkara pencurian tersebut, Selasa (30/8/2022), mengingat korban menyatakan ikhlas memaafkan pelaku.

Pencurian ini terjadi pada Jumat (17/6/2022) siang, di mana korban yang warganegara USA mengalami kehilangan uang dan barang saat berlibur di Medewi. Setelah ditelisik, pelakunya diketahui Her P.
Namun pihak korban telah memaafkan, sehingga Kejari Jembrana memutuskan dilakukan perdamaian dan penghentian penuntutan.

Baca juga :  Atap Sekolah Jebol, Siswa Belajar di Tempat Parkir

Kepala Kejari Jembrana, Salomina Meyke Saliama, didampingi Kasi Pidum, Delfi Trimariono,
mengatakan, jaksa sebagai fasilitator melakukan upaya perdamaian dengan menghadirkan para pihak baik korban Mr. NJ, maupun tersangka Her P dan keluarga tersangka. “Tersangka Her P melakukan tindak pidana mengambil uang dan barang milik korban dengan alasan untuk memenuhi keperluan sehari-hari seperti membeli beras dan untuk membeli popok anak. Setelah mediasi, korban Mr. MJ telah memaafkan tersangka Her P atas perbuatannya,” katanya.

Menurut Salomina, inisiatif korban mendatangi kantor Kejari dan menyatakan memaafkan pelaku menjadi poin penting, sehingga pihaknya menerapkan RJ. Tersangka juga telah menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada korban.
“Korban tidak ingin melanjutkan dan memaafkan korban melihat kondisi korban,” tandasnya. (120)

Baca juga :  Perbekel Diharapkan Pintar Kelola Dana Desa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini