Gelombang Tinggi Masih Berpotensi Tiga Hari ke Depan

picsart 22 08 31 19 43 37 406
CUACA - Prakiraan cuaca dari BMKG, Rabu (31/8/2022).

Kuta, DENPOST.id

Sejak beberapa hari terakhir, kawasan Kuta dan sekitarnya diterjang gelombang tinggi. Hal ini juga masih terjadi, Rabu (31/8/2022).

Pihak BMKG wilayah III Denpasar, memprediksi dalam tiga hari ke depan masih berpotensi terjadi gelombang tinggi. Hanya saja trendnya sudah mulai menurun. Hal itu, diungkapkan Forecaster on Duty BBMKG wilayah III Denpasar, Diana, saat dikonfirmasi via telepon.

Diana mengungkapkan saat ini sebenarnya merupakan puncak musim kemarau. Dia juga membenarkan memang terjadi peningkatan kecepatan angin sejak dua hari terakhir. Hal inilah yang memicu terjadinya gelombang tinggi yang terjadi, seperti di Pantai Kuta dan beberapa pantai lainnya. Di mana, untuk kecepatan angin kemarin mencapai 2 sampai 18 knot. Walaupun tergolong kencang, namun hal ini tidak termasuk ekstrem.

Karema kecepatan angin yang dikatagorikan ekstrem mencapai 25 knot. Kecepatan angin inilah yang mendukung terjadinya gelombamg tinggi terutama di perairan selatan Bali yang mencapai 1,5 sampai 5 meter. Sedangkan untuk di perairan utara Bali berkisar 0,5 sampai 1 meter.

Baca juga :  Bupati Giri Prasta Pantau Vaksinasi Drive Thru di Kuta

Namun berdasarkan pengamatan BMKG Wilayah III, ketinggian gelombang ini perlahan akan semakin menurun. “Dari yang 5 meter diperkirakan besok akan menjadi 4 meter dan akan terus menurun,” ujar Diana.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di pesisir, seperti nelayan agar senantiasa mewaspadai kondisi ini. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini