Bola Lampu Banyak Padam, Pedagang Pakai Senter dan Lampu HP untuk Berjualan

picsart 22 08 31 19 46 21 704
LAMPU PADAM - Kondisi lampu di Pasar Galiran, Klungkung, yang banyak padam, Rabu (31/8/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Walaupun sebagai salah satu penyumbang PAD, kondisi Pasar Galiran Klungkung tak pernah sepi dari persoalan. Kali ini, para pedagang di Blok D mengeluhkan kondisi bola lampu di pasar yang banyak padam sejak sebulan lebih.

Bahkan ada sejumlah pedagang yang sampai membawa lampu senter dan memakai lampu di HP supaya bisa berjualan.

Keluhan para pedagang inipun diakui Kepala UPT Pasar Klungkung, Komang Sugianta, Rabu (31/8/2022). Bahkan menurut Sugianta, kondisi ini terjadi merata di beberapa blok, mulai dari Blok A, B, C hingga D. Namun padamnya bola lampu tersebut, dikatakan bukan karena kerusakan pada instalansi melainkan memang sudah usang dan harus diganti.

“Kami juga tidak bisa langsung melakukan penggantian terhadap bola lampu yang padam. Tapi kita sudah sih anggarkan, cuma masih ada pengendalian belanja. Jadi belum bisa,” ungkap Sugianta.

Baca juga :  Situs Diperkirakan Jaman Kerajaan Ditemukan di Bakas

Menurut Sugianta, secara keseluruhan ada sekitar 800 titik lampu yang aktif di Pasar Galiran. Dalam kondisi keuangan daerah yang normal, setiap tahunnya rata-rata dilakukan penggantian 100 sampai 120 bola lampu yang padam. Namun untuk di tahun 2022 ini, Sugianta menyebutkan pihaknya hanya dialokasikan anggaran Rp60 juta untuk pemeliharaan.

“Dengan jumlah tersebut tentu tidak mencukupi untuk mengcover seluruh kebutuhan pemeliharaan pasar. Apalagi rata-rata setahun bisa pengadaan 100-120 lampu dari total lampu 800. Itupun tidak ganti sekalian,” imbuhnya.

Baca juga :  Pihak Keluarga Korban Hilang Tempuh Jalur Niskala

Sebagai solusi atas persoalan ini, Sugianta mengatakan sudah mengupayakan sejumlah cara. Di antaranya dengan memadamkan lampu di malam hari ketika aktivitas pasar sudah tutup. Di samping itu, untuk menghemat anggaran penggantian bola lampu, pihaknya juga memindahkan sejumlah bola lampu. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini