Ratusan Siswa SMP di Klungkung Ikuti Ajang Pemanduan Bakat Olahraga

picsart 22 09 01 19 09 37 198
PEMANDUAN BAKAT - Ratusan siswa SMP, saat mengikuti ajang pemanduan bakat olahraga di GOR Swecapura, Gelgel, Kamis (1/9/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Sebanyak 250 siswa SMP usia 11 sampai 15 tahun di Kabupaten Klungkung, digembleng untuk mengikuti ajang pemanduan bakat olahraga yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga di GOR Swecapura, Gelgel, Kamis (1/9/2022). Melalui ajang ini, anak-anak berbakat di bidang olahraga akan diseleksi dan selanjutnya diberi pembinaan secara khusus supaya bisa menjadi atlet berprestasi.

Kepala Bidang Pengembangan Iptek dan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Yuslan mengatakan pemanduan bakat merupakan salah satu kegiatan Kemenpora dalam mendukung program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sesuai yang diamanahkan dalam Perpres No. 86 Tahun 2021. Kegiatan ini digelar rutin setiap tahun untuk mencari bibit atlet berbakat

Baca juga :  Gencarkan Inisiatif Hyperlocal ke Indonesia Tengah

“Tahun ini, sasaran kami adalah anak-anak di empat provinsi, salah satunya di Klungkung, Bali. Tujuannya juga untuk mencari bibit atlet berbakat yang mana nantinya akan dibina lebih lanjut melalui dinas olahraga setempat,” ungkap Yuslan.

Menurut Yuslan, pemanduan bakat olahraga ini dilangsungkan mulai, 31 Agustus hingga 3 September 2022, di GOR Swecapura. Sebagai tahap awal, anak-anak yang terlibat akan mengikuti seleksi awal dengan 10 indikator penilaian. Di antaranya tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, lempar tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter, dan lari multi tahap.

Baca juga :  Sempat Keluhkan Bonus PON, Julio Bria Minta Maaf

“Dari hasil tes awal ini nanti akan tahu dia (anak-anak) berbakat di cabang olahraga apa. Setelah itu, akan dilanjutkan ke tahap identifikasi bakat. Dari sana, mereka akan diarahkan ke empat cabor yang sudah kita bina, yaitu atletik, bulu tangkis, angkat besi dan dayung,” imbuhnya, didampingi Kasubid Pemanduan Bakat, Kemenpora, Susana.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Klungkung, I Ketut Sujana yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan sebanyak 250 anak yang dilibatkan merupakan pelajar SMP di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan. Tujuannya adalah untuk mencari bibit-bibit yang berminat dan berbakat di bidang olahraga.

Baca juga :  Bukit Banyak Bopeng, DLHP Siapkan Penghijauan

Selain di Klungkung daratan, nanti anak-anak di Kecamatan Nusa Penida juga akan diberi kesempatan yang sama, yakni dengan mendatangkan tim dari Kemenpora ke Nusa Penida. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini