Dekranas dan Kemenkop UKM Luncurkan Katalog UMKM

picsart 22 09 08 18 46 47 911
CERITA KRIYA - Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, di sela-sela pembukaan Cerita Kriya, di Nusa Dua.

Nusa Dua, DENPOST.id

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki, dan Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin, Kamis (8/9/2022), meluncurkan katalog UMKM yang dapat diakses di UKMJagoWAn.id, Chatbot dan WhatsAp. Katalog ini, merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM, WhatsApp Indonesia melalui UKMINDONESIA.ID, dan didukung Dekranas.

Teknologi ini diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha terutama perajin dalam mengakses materi edukasi dari mana dan kapan saja, serta potensi multiplier effect dari program ini.

Dekranas bersama Kemenkop UKM bersinergi mengembangkan UMKM daerah dari mulai perajin di bidang kriya, wastra dan penyandang disabilitas agar terhubung ke dalam ekosistem bisnis dari hulu ke hilir.

Ajang yang mengangkat tema Cerita Kriya ini turut menggandeng WhatsApp dan Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI). Dalam acara yang digelar untuk sekaligus dapat mengaktivasi Bali Collection ini, Kemenkop UKM menghadirkan berbagai program dan kegiatan. Mulai dari perluasan akses program KUR, dana bergulir dari LPDB KUMKM, pendampingan untuk pengembangan kapasitas pelaku UKM di bidang manajerial SDM, business matching UKM anggota koperasi, pembuatan NIB bagi pelaku usaha mikro hingga peluncuran chatbot WhatsApp Tumbuh JagoWAn.

Baca juga :  Gempa saat Sasih Kasa, Ketua PHDI Sebut Ini Artinya

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi berbagai pihak dalam mengembangkan industri kerajinan nasional. Wury menegaskan Dekranas merupakan lembaga independen bersifat nirlaba yang menghimpun semua pemangku kepentingan yang bersinergi untuk mengembangkan produk kerajinan yang sebagian besar di-drive oleh UMKM.

“Sehingga mereka bisa menggali potensi produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, serta mendapat kesempatan untuk berusaha dan menjadi pendapatan masyarakat. Dekranas bersama Kemenkop UKM mengembangkan identitas bangsa melalui wastra dan kriya,” ujarnya, dalam sambutannya di acara pembukaan Cerita Kriya bertajuk Perajin Berdaya, Indonesia Bangkit yang diselenggarakan di di Gedung Art Bali, Bali Collection, The Nusa Dua.

Baca juga :  Pemuda yang Mengamuk di Jalan Raya Kerobokan Dibawa ke RSJ Bangli

Sementara Menkop UKM, Teten Masduki mengatakan pelaku UMKM di daerah, khususnya para perajin kriya, wastra dan penyandang disabilitas didorong agar terhubung ke dalam ekosistem bisnis yang berkelanjutan. Dengan begitu, teman-teman disabilitas dapat menjadi pelaku usaha yang berdaya dan khususnya perajin yang dapat naik kelas dan mampu menjadi kekuatan ekonomi daerah dan kebanggaan nasional di pasar global. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini