Pencairan BLT BBM di Klungkung Membludak

picsart 22 09 09 19 28 38 600
ANTRI BLT - Warga dengan sabar mengantri mendapatkan BLT BBM, di Kantor Pos Cabang Nusa Penida, Jumat (9/9/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Pemerintah mulai mencairkan bantuan sosial sebagai dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Bantuan sosial yang diberikan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT). Untuk di Kabupaten Klungkung, pencarian BLT BBM terlihat membludak di halaman Kantor Pos Semarapura, Jumat (9/9/2022).

Membludaknya warga untuk mendapatkan BLT terlihat sampai ke jalan. Karena hampir semua penerima BLT membawa sepeda motor dan memarkirkan motornya di pinggir jalan hingga ke selatan. Mereka juga terlihat dengan sabar menunggu giliran dipanggil masuk ke ruangan untuk mengambil BLT yang diberikan secara bertahap.

Baca juga :  Kedaluwarsa, Spanduk Pemkab Klungkung Ditertibkan Satpol PP

Kepala Cabang Kantor Pos Semarapura, I Nengah Mertayasa mengatakan mereka yang menerima BLT merupakan warga yang tercatat dalam daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM menerima BLT sebesar Rp150 ribu selama empat bulan terhitung sejak September 2022.

“Pembayarannya dilakukan secara bertahap. Periode pertama September -Oktober dibayarkan Rp300 ribu dan periode kedua November-Desember kembali dibayarkan Rp300 Ribu,” ungkap Mertayasa.

Menurut Mertayasa, jumlah penerima BLT BBM di Klungkung sebanyak 8.437 KPM. Mereka tersebar di empat kecamatan, yakni Dawan, Klungkung, Banjarangkan, dan Nusa Penida.

Baca juga :  Terima Audiensi Katar Kecamatan Kuta Selatan dan Manajemen GWK, Sekda Apresiasi Lomba Ogoh-ogoh Mini

Selain menerima BLT BBM sebesar Rp300 ribu, setiap KPM juga mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp200 ribu, sehingga total bantuan yang mereka dapat Rp500 ribu. Bantuan inipun sangat diharapkan warga untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari pasca kenaikan harga BBM yang membuat sejumlah komoditi pangan mulai naik.

“Saya sangat bersyukur dengan bantuan ini karena dapat meringankan beban keluarga,” ujar salah seorang penerima BLT, Ni Nengah Sariani.

Baca juga :  Bupati Suwirta "Kocok" Kepala SMP dan SD di Klungkung

Sementara untuk di wilayah Nusa Penida, pencairan BLT BBM dipantau langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Bahkan saat itu, Suwirta berharap bantuan ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu.
(119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini