Simulasi Pengamanan Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Warga Saling Dorong dan Bakar Ban

picsart 22 09 09 19 30 10 023
SIMULASI - Simulasi pengamanan demo tolak kenaikan harga BBM, di GOR Suecapura, Gelgel, Jumat (9/9/2022)

Semarapura, DENPOST.id

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai menimbulkan reaksi warga. Puluhan warga turun menggelar aksi demo di GOR Suecapura, Gelgel, Klungkung, Jumat (9/9/2022).

Mereka yang demo tidak hanya membentangkan spanduk yang berisi menolak kenaikan harga BBM, namun juga sampai membakar ban.

Situasi ini, membuat jajaran Polres Klungkung yang telah siaga sejak awal melakukan pengamanan harus turun tangan. Bahkan untuk mencegah warga yang demo semakin beringas, puluhan anggota Polres langsung memblokade massa. Aksi saling dorong sempat terjadi antara petugas dan warga. Namun, aparat yang bertugas dengan cepat langsung mengendalikan situasi.

Gambaran ini, merupakan simulasi yang dilakukan Polres Klungkung dalam rangka kesiapan pengamanan Presidensi G-20 yang akan di gelar di Bali, pada November 2022. Dalam simulasi ini, Dit Samapta Polda Bali melaksanakan pengecekan personel Dalmas Polres Klungkung, serta mengecek sarana prasarana, baik kendaraan roda dua, roda empat dan kelengkapan alat Dalmas lainnya.

Baca juga :  Usai Karya Agung, Prajuru Banjar Adat Tegal Bantu Krama

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan lomba Dalmas di Lapangan GOR Suecapura. Tim penilai dari Dit Samapta Polda Bali, dipimpin Wadir Samapta Polda Bali, AKBP Yudith Satriya Hananta. Hadir pula Kapolres Klungkung, AKBP I Nengah Sadiarta, didampingi Wakapolres, Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan; Kabag Ops, Kompol. I Nyoman Karang Adi Putra, dan para kapolsek.

Wadir Samapta Polda Bali, AKBP Yudith Satriya Hananta menyampaikan kalau Provinsi Bali akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan even rangkaian G20 hingga puncak even G20 pada November 2022. Untuk mensukseskan acara tersebut, maka dibutuhkan dukungan dari segala aspek dalam menyukseskan even tersebut.

Baca juga :  Usaha Kacang Goreng di Klungkung Juga Dibayangi Kelangkaan Minyak Goreng

Salah satu aspek, yakni keamanan. Apalagi aspek keamanan makan menjadi tanggung jawab Polda Bali, dan jajaran.

“Perkembangan situasi saat ini, seperti adanya kenaikan BBM akan mempengaruhi situasi kamtibmas karena adanya pro dan kontra dimasyarakat. Sehingga untuk mengantisipasi agar tidak berpengaruh dengan situasi kamtibmas di Provinsi Bali, maka peran serta Ditsamapta Polda Bali dan jajaran sangat di perlukan,” katanya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini