Dewan Sarankan LPM Banjar Tengah Ditetapkan

picsart 22 09 13 22 54 27 588
RAPAT KERJA - Komisi I DPRD Jembrana, saat mengadakan rapat kerja dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat Negara, Lurah Banjar Tengah, dan jajaran, Selasa (13/8/2022).

Negara, DENPOST.id

Komisi I DPRD Jembrana dipimpin ketuanya Ida Bagus Susrama, bersama anggota mengadakan rapat kerja dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat Negara, Lurah Banjar Tengah dan jajaran, Selasa (13/8/2022).
Rapat kerja untuk menyikapi Permendagri No. 18 tahun 2018, di mana amanat Permendagri kini menjadi permasalahan di masyarakat.

Ketika masa jabatan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang merupakan salah satu lembaga kemasyaratan yang berada di desa yang sudah 2 periode berturut-turut atau tidak berturut-turut tidak boleh bertugas lagi. Sementara pada Perda No. 10 tahun 2007 dan Peraturan Bupati Jembrana tidak mengatur tentang masa jabatan LPM. “Ini menjadi masalah karena ada diskresi hukum. Harus dibuat keputusan dulu mana yang akan dipakai. Apakah Permendagri atau perda. Ini yang mempercepat penyelesaian masalah,” jelas Susrama.

Baca juga :  Dewan Dukung UMKM Jembrana

Karena di Kelurahan Banjar Tengah sudah ada proses penjaringan LPM dengan perda lama, ketika ada musyawarah mufakat, sehingga ini yang hendaknya diutamakan. “Dalam demokrasi bukankan musyawarah mufakat yang bagus. Kami komisi I sepakat LPM di Kelurahan Banjar Tengah sesuai musyawarah mufakat karena proses sudah berjalan. Sekarang tinggal surat keputusan lurah saja. Namun, katanya lurah menunggu keputusan bupati. Itu hak lurah, namun daripada menunggu diskresi hukum dan pengelarasan itu butuh waktu lama, lebih baik ditetapkan saja,” pungkasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini