Program Unud Untuk Masyarakat: Penyuluhan nstrumen Seruling Bali sebagai Media Stimulasi Fungsi Kognitif

sabtu unud1
PROGRAM UDAYANA - Departemen/ Bagian Neurologi Unud melaksanakan Program Udayana untuk Masyarakat yang bertajuk “Instrumen Seruling Bali sebagai Media Stimulasi Fungsi Kognitif” di Banjar Tegallantang Klod, Padangsambian Klod, pada Sabtu (13/8/2022) serta di Banjar Jematang, Dauh Puri Kauh, pada Minggu (14/8/2022). (DenPost.id/ist)

GANGGUAN fungsi kognitif merupakan salah satu masalah yang cukup serius bagi kaum lanjut usia (lansia) karena terjadi penurunan daya kinerja dalam melakukan tugas kognitif, terutama saat pengambilan keputusan.

Universitas Udayana (Unud) melalui Departemen/ Bagian Neurologi melaksanakan kegiatan Program Udayana untuk Masyarakat yang bertajuk “Instrumen Seruling Bali sebagai Media Stimulasi Fungsi Kognitif” di wilayah kerja Puskesmas Denpasar Barat II. Kegiatan ini secara khusus mengambil tempat di Banjar Tegallantang Klod, Padangsambian Klod,  pada Sabtu (13/8/2022) serta di Banjar Jematang, Dauh Puri Kauh, pada Minggu (14/8/2022).

Kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang pengabdian kepada masyarakat. Pendekatan melalui musik dapat dianggap sebagai suatu terapi rehabilitasi kognitif modern yang membantu dalam stimulasi berbagai fungsi kognitif. Musik instrumental dapat mempengaruhi fisiologis tubuh, menurunkan denyut jantung dan respirasi, serta dapat mempengaruhi emosi melalui sistem limbik. Aktivitas musikal dalam bentuk mendengarkan musik maupun bermain alat musik dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi plastisitas otak pada kaum lansia untuk mengompensasi penurunan fungsi kognitif.

Baca juga :  Tega Setubuhi Bocah, Dibekuk Polisi Tengah Malam

 

Keterkaitan permainan musik seruling Bali dan fungsi kognitif akan memberikan peran bagi perajin lokal seruling Bali dalam meningkatkan fungsi kognitif lansia. Penggunaan instrumen seruling Bali sebagai media bermain musik dipilih untuk melestarikan warisan budaya Bali yang perlahan mulai ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat.

Sebelum melakukan pengabdian masyarakat ke warga lansia melalui penyuluhan tersebut, panitia yang terlibat terdiri atas Dr. dr. Anak Agung Ayu Putri Laksmidewi, Sp.S(K); dr. Ni Putu Ayu Putri Mahadewi, M.Biomed, Sp.N.; beserta beberapa peserta didik Program Studi Spesialis Neurologi Unud melakukan wawancara terlebih dahulu dengan narasumber seniman terkenal asal Bali, Agus Teja Santosa atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Teja. Tujuannya menentukan standardisasi spesifikasi seruling tradisional Bali paling sederhana yang dapat dimainkan oleh para lansia. Pembuatan video rekaman dan partitur lagu sederhana bersama narasumber juga dilakukan untuk memudahkan dalam memberikan demonstrasi langsung ke para lansia.

Baca juga :  Pilwali Denpasar, Elektabilitas AMD Bayangi Jaya Negara

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi penyuluhan yang dibawakan Dr. dr. Anak Agung Ayu Putri Laksmidewi, Sp.S(K). Acara dilanjutkan dengan penjelasan sekaligus demonstrasi langsung mengenai penggunaan seruling Bali ke para lansia yang juga dihadiri dr.Ni Putu Ayu Putri Mahadewi, M.Biomed, Sp.N. Pada akhir sesi, dilakukan pembagian seruling Bali yang distandardisasi ke masing-masing lansia untuk dapat digunakan berlatih setiap pagi hari. Warga lansia di masing-masing banjar merespons sesi diskusi, sekaligus sangat bersemangat dalam belajar mengenai cara memainkan seruling Bali. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yang meliputi pengecekan tekanan darah dan penilaian fungsi kognitif.

Baca juga :  Toko Peralatan Kesehatan Didatangi Satpol PP

Pengabdian ke masyarakat ini diarahkan untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan lansia di wilayah Puskesmas Denpasar Barat II khususnya, serta menambah pengetahuan dan keterampilan perajin lokal seruling Bali sesuai standardisasi.S timulasi instrumen seruling Bali tersebut diharapkan dapat membantu perbaikan fungsi kognitif para lansia ke depan. (yad)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini