Calon Panwascam Wajib Tunjukan Bukti Vaksin Covid-19 Dua Kali

picsart 22 09 22 20 13 36 310
Komisioner Bawaslu Klungkung, Ida Ayu Ari Widhiyanthy.

Semarapura, DENPOST.id

Bawaslu Kabupaten Klungkung telah membuka pendaftaran bagi panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu serentak 2024. Baru sehari dibuka, Rabu (21/9/2022), sudah ada 10 orang yang mendaftar.

Namun sayangnya, kuota 30 persen yang dikhususkan untuk perempuan masih sepi peminat.

Salah seorang Komisioner Bawaslu Klungkung, Ida Ayu Ari Widhiyanthy mengakui saat ini pendaftar perempuan masih minim. Terlihat dari 10 orang, hanya empat di antaranya pendaftar perempuan, yakni dua orang mendaftar di Kecamatan Klungkung, satu orang masing-masing mendaftar di Kecamatan Dawan, dan Banjarangkan.

Sedangkan untuk di Kecamatan Nusa Penida, sama sekali belum ada perempuan yang mendaftar. “Kalau pendaftar belum penuhi kuota perempuan, kita akan perpanjang lagi waktu pendaftarannya. Tapi jika sampai perpanjangan waktunya habis tetap tidak ada yang mendaftar, maka kami akan lanjutkan tahapan seleksi walau pendaftar perempuannya tidak terisi sesuai kuota,” ungkap Widhiyanthy.

Baca juga :  Masa Pandemi Jadi Berkah Petani Vanili

Manurut Widhiyanthy, pendaftaran panwascam dibuka sejak 21 sampai dengan 27 September 2022. Sesuai petunjuk teknis (Juknis) pedoman pelaksanaan pembentukan panwascam, dikatakan di masing-masing kecamatan diharapkan ada 12 orang yang mendaftar dan lulus dalam seleksi administrasi.

Kemudian ke-12 orang tersebut, akan melanjutkan tahapan seleksi dengan mengikuti tes tertulis yang dilakukan dengan sistem CAT. Enam orang dengan nilai tertinggi akan dipilih untuk mengikuti tes berikutnya, yakni tes wawancara.

Baca juga :  Gunakan Keranjang, Pendederan Telur Penyu di Pantai Watu Klotok Malah Diserang Ini

“Nanti saat tes wawancara akan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu, dan kami juga para komisioner. Setelah tes wawancara, nanti untuk masing-masing kecamatan akan terpilih tiga orang panwascam,” jelasnya, didampingi Ketua Bawaslu Klungkung, Komang Artawan.

Selain itu, untuk syarat pendaftaran calon panwascam pada pemilu kali ini sedikit berbeda dengan seleksi panwascam sebelumnya. Menurut Widhiyanthy, kali ini pendaftar harus menunjukkan bukti vaksin Covid-19 minimal dua kali. Di samping itu, pendaftar juga tidak boleh menjadi anggota partai politik.

Baca juga :  Patuhi Prokes, Sidang Dewan Buleleng Lancar

“Kami bisa cek namanya melalui data Sipol. Caranya kami bisa lihat di data base KPU, tinggal masukkan NIK dan akan kelihataan statusnya,” jelasnya, seraya mengatakan pelantikan panwascam ini sudah dijadwalkan pada Oktober 2022. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini