Pelamar Panwascam di Bangli Belum Terpenuhi

picsart 22 09 26 13 06 48 204
PANWASCAM - Para pelamar yang mandaftar paswascam di Kabupaten Bangli. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Sehari menjelang penutupan, peserta pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Bangli yang sudah dimulai Rabu (21/9/2022) lalu, belum juga terpenuhi dari target yang dibutuhkan. Utamanya kuota pendaftar perempuan 30 persen dari jumlah yang dibutuhkan. Bahkan, di Kecamatan Kintamani dan Kecamatan Tembuku hingga Minggu (25/9/2022) nihil pendaftar perempuan.

Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli I Nengah Purna, Senin (26/9/2022).
Diungkapkannya, hingga hari kelima, pendaftaran calon Panwascam baru 20 orang. Sementara yang dibutuhkan 24 orang. “Kebutuhan kita masing-masing kecamatan sejatinya hanya tiga orang. Namun dari segi pendaftaran kami harapkan jumlah yang mendaftar bisa dikalikan dua dari jumlah yang dibutuhkan. Jadinya masing-masing kecamatan ada enam orang, di mana 30 persennya merupakan pendaftar perempuan,” jelas Purna.

Baca juga :  Hari Ini, Pengambilan Swab Pertama 8 OTG

Dia merinci jumlah yang sudah mendaftar per Minggu (25/9/2022) yakni Kecamatan Bangli laki-laki 5 orang dan perempuan 3 orang. Kecamatan Susut laki-laki 4 orang dan perempuan 1 orang. Selanjutnya Kecamatan Kintamani laki-laki 4 orang dan Kecamatan Tembuku pendaftar laki-laki ada 3 orang. “Untuk pendaftar perempuan di Kecamatan Kintamani dan Tembuku masih nihil. Pelamar hanya menyerbu Kecamatan Bangli, sehingga menjadi kecamatan yang pertama memenuhi jumlah minimal pelamar,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, pendaftaran berlangsung 21-27 September 2022. Para pelamar mengirimkan dokumen pendaftaran secara online. “Sebelumnya kami telah mengumumkan kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi oleh masing-masing pelamar,” ujarnya.
Menurut Purna, jika hingga pendaftaran ditutup, jumlah minimal pelamar belum terpenuhi, maka akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Perpanjangan pendaftaran diagendakan 2-8 Oktober mendatang.

Baca juga :  Di Bangli, Tiga Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Meninggal

Dalam perpanjangan waktu tersebut dibarengi dengan penyetoran dokumen fisik dari peserta. Kemudian proses dilanjutkan dengan penelitian dokumen dari pendaftar anggota panwascam. “Kalau sampai setelah diperpanjang, belum juga terpenuhi kuota perempuan, maka digantikan dengan yang laki-laki. Karena bagaimana pun juga waktu sudah kita berikan, kesempatan sudah ada, namun tidak ada juga, maka kita pakai yang sudah ada. Sejatinya makin banyak yang daftar maka lebih bagus, kompetisinya lebih seru,” pungkasnya.(128)

Baca juga :  Jatuh ke Tebing, Begini Kondisi Pendaki Gunung Batur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini