Kuota Perempuan Belum Terpenuhi, Rekrutmen Panwascam Diperpanjang

panwascam 1
REKRUTMEN - Proses rekrutmen anggota Panwas Buleleng yang belum mencapai kuota perempuan.

Singaraja, DENPOST.id

Setelah satu minggu dilaksanakan rekrutmen calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Buleleng yang pendaftarannya ditutup per tanggal 27 September 2022, tercatat sebanyak 129 pendaftar berasal dari 9 kecamatan di Buleleng. Namun dari keseluruhan pendaftar, ada beberapa kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 % untuk panwascam perempuan.

Ni Nyoman Trisna Widyastini selaku Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi,Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Kabupaten Buleleng, Rabu (28/9/2022) menerangkan, dari proses rekrutmen terjaring sebanyak 38 orang pendaftar perempuan dan peserta laki-laki tercatat 91 orang. Dari jumlah tersebut, empat kecamatan yakni Kecamatan Buleleng, Kecamatan Gerokgak, Kecamatan Sawan dan Kecamatan Seririt masih belum memenuhi kuota 30 % partisipasi peserta perempuan. Karena belum terpenuhi, akan dilaksanakan perpanjangan rekrutmen selama lima hari kerja. “Dari segi jumlah, pelamar di 4 kecamatan itu sudah terpenuhi, namun jika dikalkulasikan dari jumlah pendaftar perempuan, jumlahnya masih kurang,” ungkapnya.

Baca juga :  Jelang Pemilu 2024, Lihadnyana Imbau ASN Jaga Netralitas

Lebih lanjut disampaikan Trisna, di masing-masing kecamatan nantinya akan diisi sebanyak 3 orang, jadi total yang dibutuhkan menjadi 27 orang di Kabupaten Buleleng. Dari 129 orang pendaftar yang telah melamar, akan dijaring kembali melalui proses seleksi berikutnya yaitu seleksi administrasi, tes tertulis (CAT). Selanjutnya dari proses itu, sebanyak 6 peserta dari masing-masing kecamatan yang lolos tes tertulis akan menjalani proses wawancara yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Buleleng.

Disinggung mengenai tugas Panwascam, Trisna menjelaskan nantinya bersifat adhoc. “Artinya, panitia tersebut direkrut sementara ketika ada hajatan pemilu dengan tanggung jawab mengawasi semua tahapan yang ada di kecamatan seperti daftar pemilih, logistik dan kampanye di kecamatan,” terangnya.

Baca juga :  Ditinggal Sembahyang, Motor Dibawa Kabur Residivis

Untuk mempersiapkan kompetensi Panwascam dalam melaksanakan tugasnya setelah dilantik, Bawaslu Buleleng akan memberikan pembekalan yang rencananya akan diadakan selama dua hari. “Nantinya Panwascam ini akan dibekali juga dengan bimbingan teknis serta rapat koordinasi,” pungkasnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini