Sembunyikan Narkoba di Dubur, Warga Australia Sempoyongan Turun dari Pesawat

picsart 22 09 29 13 51 26 199
DITANGKAP - Warga negara asing asal Australia berinisial JE (53) ditangkap karena menyelundupkan heroin dan sabu-sabu (SS).

Kereneng, DENPOST.id

Warga negara asing asal Australia berinisial JE (53) ditangkap karena menyelundupkan heroin dan sabu-sabu (SS) dengan cara dimasukan ke dalam dubur. Petugas menduga, narkoba yang dibungkus kondom itu bocor hingga membuat JE berjalan sempoyongan saat turun dari pesawat di Bandara Ngurah Rai pada Selasa 9 September 2022 malam.

Pria yang memiliki dua kewarganegaraan yakni Australia dan Inggris itu akhirnya diamankan oleh petugas Bea Cukai Ngurah Rai dan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali. “Kecurigaan petugas di bandara karena melihat tersangka berjalan sempoyongan dan menolak diperiksa terutama dilakukan pengecekan di badan,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi, Kamis (29/9/2022).

Baca juga :  KPPAD Bali Usulkan Desa Adat Buat Pararem Perlindungan Anak

Menurut Mira, tersangka tiba di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 00.30. Dia menumpang pesawat rute Vietnam-Denpasar. “Tiba di custom area terminal kedatangan internasional, dia terlihat seperti dalam pengaruh obat,” terangnya saat mendampingi Kepala BNNP Bali, Brigjen Gde Sugianyar Dwi Putra.

Kondisi tersangka itu menimbulkan kecurigaan. Namun, dia menolak saat petugas mau melakukan pemeriksaan badan. “Karena menolak, kami langsung berkoordinasi dengan BNNP Bali,” ungkap Mira.

Baca juga :  Ketua DPRD Gianyar : Usulan “Lockdown” Sudah Diperhitungkan

Hasil pemeriksaan fisik, ditemukan gumpalan benda asing dalam dubur JE. Tersangka kemudian dibawa ke rumah sakit dan menjalani scanning guna memastikan benda dalam tubuhnya. “Dari anusnya terlihat ada benda mencurigakan. Kemungkinan ada batasan waktu penyelundupan dengan modus anal (masuk dubur) ini sehingga benda itu sudah keluar sedikit dari anusnya,” beber Brigjen Sugianyar, menyambung keterangan Mira.

Kemudian tim medis berhasil mengeluarkan benda di anus tersangka, berupa kondom orange dibalut balon plastik yang setelah dibongkar terdapat plastik klip berisi heroin dan SS. “Heroin yang dibawa tersangka beratnya 8,9 gram dan SS seberat 0,34 gram,” ungkapnya.

Baca juga :  Kelistrikan Kalah Pamor Dibanding Jurusan Ini

Tersangka mengaku sudah setahun tinggal di Bali dan bekerja sebagai instruktur diving. “Kami mensinyalir tersangka membeli narkoba di Vietnam dan akan dipakai di Bali. Sekarang ini pemeriksaan masih didalami,” tandasnya. (124)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini