Pasarkan Produk Lewat Platform Digital, “Luh Buleleng” Raup Omzet Puluhan Juta

picsart 22 10 06 20 00 34 434
PRODUK - Luh Wiriadi, dengan produk "Luh Buleleng".

Singaraja, DENPOST.id

Melihat perkembangan teknologi sekarang ini, banyak pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng melakukan pemasaran produknya melalui berbagai platform media sosial (medsos), seperti Facebook, Instagram, blog, website dan lain sebagainya. Salah satunya produk “Luh Buleleng”, yakni berupa produk camilan sehat tanpa monosodium glutamat (MSG), bahan pengawet dan pemanis buatan.

Produk camilan Luh Buleleng diproduksi sejak tahun 2014, oleh pelaku UMKM perempuan bernama Luh Wiriadi dari Desa Sambangan. Karena adanya keterpurukan usaha di bidang pariwisata, akhirnya Luh Wiriadi mencoba untuk membuat sesuatu/produk yang bisa dilakukan dirumahnya sendiri (home industri). Setelah mencoba dan melihat pangsa pasar yang ada, akhirnya diputuskan membuat camilan sehat.

Baca juga :  Lama Mangkrak, Pembangunan Gedung MPP di Jembrana akan Dituntaskan

Lebih lanjut disampaikan dia, awalnya pangsa pasar produk camilan ini lebih banyak dijual atau didistribusikan langsung ke toko/outlet. Namun, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat, akhirnya diputuskan untuk menerapakan teknik marketing/pemasaran ke beberapa platform digital yang dimilikinya.

“Ada beberapa pelanggan yang suka vegetarian karena sadar akan pentingnya kesehatan, sehingga produk dibuat tanpa bahan pengawet di dalamnya,” ucap Luh Wiriadi, saat ditemui, Kamis (6/10/2022). Di samping itu, Luh Wiriadi juga memasarkan produk-produk Luh Buleleng lainnya, seperti pada saat hari raya terdapat dodol, satuh, jajan iwel dan uli yang sudah sesuai dengan kriteria yang diminta oleh konsumen.

Baca juga :  Perancak Potensial Dikembangkan Jadi Kawasan Wisata

“Saya terus berinovasi agar olahan yang dihasilkan lebih baik dan bisa diterima di masyarakat dan menyehatkan. Itu adalah tujuan utama pendirian Luh Buleleng,” ujarnya.

Lebih jauh, pihaknya sudah mengikuti beberapa pameran di tingkat daerah, nasional maupun Internasional, dengan mengajak beberapa UMKM Buleleng yang tentu produknya sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Untuk itu, ibu tiga anak ini mengajak perempuan-perempuan di Buleleng, untuk bisa lebih maju dengan olahan yang dimiliki masing-masing pelaku UMKM.

Baca juga :  Bawa Sabu ke Bangli, Satpam dari Kubutambahan Diringkus

Adapun produk-produk yang dihasilkan Luh Buleleng, yakni keripik pisang, singkong, sukun, keladi, kacang kapri dan telor, serta pengolahan buah-buahan belimbing wuluh, cerme, serta kali moko dengan omzet yang dihasilkan setiap bulannya sekitar Rp10 juta. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini