Pura Dalem Jati, Mengwi, Kembali Disatroni Garong

maling pura
PERIKSA GAMELAN – Pengempon pura Dalem Jati Desa Adat Penarungan, Banjar Blumbungan, Desa Penarungan, Mengwi, Badung, bersama polisi memeriksa gamelan dan perhiasan emas yang raib digasak garong pada Sabtu (8/10/2022). (DenPost.id/ist)

Mengwi, DenPost

Pura Dalem Jati di Desa Adat Penarungan, Banjar Blumbungan, Desa Penarungan, Mengwi, Badung, disatroni garong pada Sabtu (8/10/2022) dini hari. Saat itu garong menggasak seperangkat gamelan barong dan perhiasan emas.

Kasus pencurian yang menyebabkan pengempon pura mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah ini ditangani Polsek Mengwi. Menurut Kasi Humas Polres Badung Iptu Ketut Sudana, Minggu (9/10/2022), kasus pencurian ini masih dalam penyelidikan polisi, dan pencurinya dalam pengejaran. Sedangkan menurut penuturan seorang warga Desa Penarungan, kasus pencurian itu diduga terjadi saat malam hari. “Kemungkinan saat hujan lebat pada Sabtu malam,” tegasnya Minggu.

Warga yang menolak namanya dikorankan ini menambahkan, selain raibnya hiasan emas di barong, seperangkat gamelan juga hilang. “Gamelan untuk barong kemungkinan diangkut dengan mobil oleh si pencuri,” tegasnya.

Hilangnya gamelan dan hiasan emas ini pertama kali diketahui oleh pemangku di pura setempat. Pada Sabtu pagi saat datang ke pura, pemangku kaget karena pintu gedong Ratu Ngurah Agung terbuka dan tercongkel. Setelah dicek, ternyata seperangkat gamelan dan hiasan emas di gedong raib digasak maling. “Pencuri diperkirakan lebih dari seorang. Pencuri beraksi dengan cara memanjat tembok penyengker, kemudian membongkar pintu gedong,” tandas Warga.

Baca juga :  Mayat Perempuan Ditemukan di Dasar Tebing Sunset Poin

Sebelumnya pada 22 Maret 2022, pelajar SMP berinisial DY (14) mencuri uang sesari di Pura Dalem Jati di Desa Adat Penarungan, Banjar Blumbungan, Desa Penarungan, Mengwi, Badung ini. Aksi pelajar asal Desa Apuan, Baturiti, Tabanan, itu dipergoki pemangku pura setempat. Dia lantas diamankan dan digelandang ke kantor polisi.

Lagi-lagi kasus pencurian terjadi di Pura Dalem Jati. Menurut pengempon pura, beberapa pekan lalu, kabel di areal pura juga hilang. “Yang aneh, kabel yang hilang itu ditanam di tanah. Bukan kabel yang dipasang di pura,” tegasnya.

Baca juga :  Polisi Belum Temukan Unsur Kelalaian Dalam Kasus Keracunan Napi Perempuan

Selain kabel, uang pemangku pura setempat juga pernah hilang. Saat itu pemangku menaruh uang hasil jualan gabah di sawahnya, kemudian disimpan di kantong baju dan ditaruh di pura. “Jro mangku sering tinggal di pura. Saat itu beliau (jro mangku) meletakkan baju berisi uang di salah satu ruangan khusus yang ditempati Jro Mangku. Tak hanya uang, bajunya juga hilang,” tegas warga.

Baca juga :  Seorang WNA Hilang Tergulung Ombak

Sekadar diketahui, Pura Dalem Jati Penarungan berlokasi jauh dari pemukiman penduduk. Pura tersebut berada di pinggir jalan dan di sekitar persawahan. Di depan pura terdapat kuburan dan pepohonan rimbun.  Mengenai seringnya terjadi kasus pencurian di pura tersebut diakui Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana. “Memang sering ada kasus pencurian di sana. Kami telah melakukan penyelidikan,” tandasnya. (yan)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini