Kasus Pencurian di Pura Dalem Jati Belum Ada Titik Terang

pratima
PENCURIAN - Petugas Opsnal Unit Reskrim Polsek Mengwi saat mendatangi Pura Dalem Jati Desa Adat Penarungan, Banjar Blumbungan, Desa Penarungan, Mengwi, Badung.

Mengwi, DENPOST.id

Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Mengwi masih menyelidiki kasus pencurian di Pura Dalem Jati Desa Adat Penarungan, Banjar Blumbungan, Desa Penarungan, Mengwi, Badung. Polisi kembali mendatangi areal pura dan mendalami keterangan pemangku serta warga sekitar.

Kapolsek Mengwi, Kompol Nyoman Darsana, mengatakan, keberadaan pelaku pencurian masih gelap. Anggotanya belum mendapatkan petunjuk atau titik terang terkait identitas pelaku. “Anggota kami kembali ke TKP untuk mencari petunjuk. Semoga cepat terungkap. Sembari mencari petunjuk secara niskala,” terangnya, Senin (10/10/2022).

Baca juga :  Paket GP Mencuat di Internal PDI Perjuangan

Pura Dalem Jati Desa Adat Penarungan didatangi maling pada Sabtu (8/10/2022) dini hari. Seperangkat gambelan barong dan perhiasan emas hilang. Itu bukan pertama kali Pura Dalem Jati kemalingan. Menurut informasi, kasus pencurian di pura tersebut telah terjadi beberapa kali. Pada Selasa 22 Maret 2022 lalu, seorang pelajar SMP diamankan karena mencuri uang sesari di pura tersebut.

Aksi pencurian yang dilakukan pelajar asal Desa Apuan, Baturiti, Tabanan itu dipergoki pemangku pura setempat. Usai kejadian itu, peristiwa pencurian terjadi beruntun di Pura Dalem Jati. Menurut penuturan salah seorang pengempon pura, kabel di areal pura juga hilang dan kejadiannya sekitar sebulan lalu. “Yang aneh, kabel yang hilang itu ditanam di tanah. Bukan kabel yang diletakkan di pura,” ucapnya.

Baca juga :  Suarakan Bahaya Narkoba, BNNP Bali Gelar Pertandingan Basket

Selain kabel, uang pemangku pura setempat juga pernah hilang. Saat itu, pemangku menaruh uang hasil jualan gabah di sawahnya disimpan di kantong baju. Dan, bajunya di taruh di pura. “Jro mangku sering tinggal di pura. Saat itu beliau (jro mangku) meletakkan bajunya yang berisi uang di salah satu ruangan yang khusus ditempati jro mangku. Tak hanya uang, bajunya juga hilang,” imbuhnya.

Baca juga :  Ribuan Komunitas Bandara Lakukan Vaksinasi Booster

Sekadar diketahui, Pura Dalem Jati Penarungan berlokasi jauh dari pemukiman penduduk. Pura tersebut berada di sekitar persawahan. Di depan pura terdapat kuburan dan pepohonan rimbun. (124)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini