Angkat Menu Nusantara, Archipelago International Kompetisikan Masakan Tradisional

picsart 22 10 12 18 45 46 146
KOMPETISI - Konferensi pers Archipelago Young Chef Challenge & Archipelago Food Festival, Rabu (12/10/2022).

Padangsambian, DENPOST.id

Memeriahkan 25 tahun Archipelago International, grup manajemen hotel swasta tersebut menggelar berbagai kompetisi dan promo diskon. Salah satunya kompetisi memasak masakan tradisional Indonesia (Archipelago Young Chef Challenge). Final kompetisi ini akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2022 dan menampilkan 5 orang chef yang sebelumnya telah melewati seleksi ketat.

Denny Frederick, Corporate Executive Chef Archipelago Internasional Archipelago mengatakan, Young Chef Challenge adalah kompetisi memasak yang diadakan untuk menjaring talenta muda dan berbakat dari koki-koki yang tergabung dalam hotel di bawah jaringan Archipelago International. “Sebanyak 82 chef bersaing ketat dalam babak penyisihan dan terpilih 5 pemenang untuk menunjukkan kepiawaiannya di hadapan Chairman Archipelago International, Charles Brookfield dan President & CEO Archipelago International, John Flood,” terangnya dalam konferensi pers, Rabu (12/10/2022).

Baca juga :  DTW Diuji Coba, Vaksinasi dan Aplikasi ‘’PeduliLindungi’’ Syarat Masuk

Lebih lanjut dikatakan, kompetisi ini sekaligus untuk mengangkat menu-menu tradisional agar sejajar dengan menu internasional. Menurut pengamatan Denny, para wisatawan, khususnya wisatawan asing sangat tertarik mencicipi masakan khas Indonesia, seperti nasi goreng dan sate lilit. Apalagi menu-menu tersebut diolah langsung koki-koki lokal yang andal dengan memperhatikan higienitas, penampilan menarik dan cita rasa yang lezat.
Untuk bahan baku, kata Denny, seluruhnya menggunakan bahan lokal. “Untuk suplai bahan, kami tidak ada masalah, semua terpenuhi dan diambil dari produsen-produsen lokal,” paparnya.

Director of Corporate Communications & PR Sari Kusumaningrum menambahkan, peringatan tahun perak Archipelago Internasional merupakan momentum membangkitkan pariwisata Bali khususnya dan Indonesia umumnya pascahantaman pandemi Covid-19. “Bagaimana kita bisa melakukan branding dengan menyajikan masakan Nusantara dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Baca juga :  Tiga Tersangka Habisi Korban, Buang Jenazah di Jalan Pidada, Ubung

Pemenang kompetisi ini nantinya mendapatkan piala, uang tunai dan piagam penghargaan. “Dan, bagi pemenang utama berkesempatan untuk menjadikan resep kemenangannya sebagai menu promosi di seluruh hotel jaringan Archipelago pada awal tahun 2023 mendatang,” imbuhnya.

Selain kompetisi, pada 15 Oktober 2022, Archipelago International bersama Quest Hotel San Denpasar mempersembahkan Archipelago Food Festival dengan tema “Pesona Nusantara”. Archipelago Food Festival telah menjadi acara andalan bagi grup hotel Archipelago International yang diadakan di berbagai kota di Indonesia untuk memperkenalkan beragam produk kuliner yang disajikan di hotel-hotel Archipelago.

Acara ini akan diikuti oleh 15 executive chef yang bernaung di hotel Archipelago International wilayah Jawa Timur dan Bali.
Dengan harga Rp 150.000 per orang, para tamu dapat menikmati berbagai menu dari seluruh Nusantara, di antaranya makanan khas Jawa Timur seperti rawon dan rujak cingur, makanan khas Jawa Tengah seperti soto kudus dan tahu gimbal, makanan khas Nusa Tenggara Barat yaitu sate rembiga dan beberuk, makanan khas Bali yaitu bebek betutu dan sate lilit. Sepanjang acara para tamu akan dihibur oleh Side Effect Band dan Lolot Band.

Baca juga :  Dirut PDAM Kota Denpasar: Terbiasa Di-‘’bully’’, Tetap Beri Layanan Terbaik

“Quest Hotel San Denpasar sangat bangga terpilih menjadi hotel penyelenggaraan kedua acara besar dari Archipelago International yaitu perayaan 25 tahun Archipelago International serta Archipelago Food Festival. Kami berharap Archipelago International semakin maju dan berkembang dengan ekspansinya ke berbagai negara, serta memberikan inovasi-inovasi terbaik di dunia perhotelan ke depannya,” ucap General Manager Quest Hotel San Denpasar, IGB Agung Suddhajinendra. (111)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini