Jabatan Perbekel di Tiga Desa Kosong, Dinas PMD Buleleng Dorong Pilkel PAW

picsart 22 10 16 15 41 23 906
Kepala Dinas PMD Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena.

Singaraja, DENPOST.id

Jelang akhir tahun 2022, terdapat tiga desa di Kabupaten Buleleng yang mengalami kekosongan jabatan perbekel. Menanggulangi hal itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng melaksanakan pemilihan perbekel pengganti antar waktu (pilkel PAW) guna mengisi kekosongan jabatan perbekel yang ditinggalkan.

Kepala Dinas PMD Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena mengatakan tiga desa yang perlu melaksanakan pilkel PAW tersebut, yakni Desa Munduk, Desa Dencarik, dan Desa Bondalem.

Baca juga :  Puslitbang Polri Periksa Kelayakan Rutan Polres Buleleng

“Pilkel PAW didorong untuk segera dilaksanakan karena kekosongan jabatan perbekel dapat menghambat pemerintahan di desa. Apalagi jelang akhir tahun ini, pemerintah desa telah harus mempersiapkan rancangan APBDes untuk tahun anggaran 2023. Untuk itu, perbekel PAW diperlukan untuk melanjutkan pemerintahan desa sesuai dengan visi dan misi perbekel yang digantikan,” ucapnya, Minggu (16/10/2022), saat dikonfirmasi.

Calon perbekel PAW akan disiapkan oleh panitia bentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Perlu diketahui, penjabat perbekel merupakan ASN Pemkab Buleleng yang ditugaskan untuk mengisi sementara kekosongan jabatan perbekel, sebelum perbekel PAW secara resmi dilantik.

Baca juga :  Desa Adat Buleleng Cek Krama Gunakan Masker

Setelah nama calon terkumpul, perbekel PAW akan dipilih salah satunya, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk pemilihannya pada musyawarah desa (Musdes).

“Pemilihannya tidak langsung oleh masyarakat, di musdes melibatkan tokoh-tokoh di desa, meliputi perwakilan pemuda, adat, kelompok tani dan yang lainnya,” imbuhnya.

Perkembangan saat ini, baru Desa Munduk yang telah memiliki perbekel PAW yang terpilih hasil dari musyawarah desa pada, 12 Oktober 2022. (118)

Baca juga :  KONI Buleleng Siapkan Bonus Atlet Peraih Medali PON Papua

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini