Gubernur Koster Tandatangani Perjanjian Kerangka Kerja WWF Ke-10

kosermu
Wayan Koster

Denpasar, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut B. Pandjaitan, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono, menandatangani Perjanjian Kerangka Kerja World Water Forum (WWF) ke-10 secara virtual pada Sabtu (15/10/2022) di Jakarta. Hla ini sebagai penanda Indonesia terpilih menjadi tuan rumah dan Bali terpilih menjadi tempat pelaksanaan WWF ke-10 tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Koster memberi sambutan singkat yang berisi beberapa hal. Pertama: atas nama masyarakat Bali dan sebagai Gubernur, dia mengaku bahagia menyambut Presiden World Water Council bersama delegasi pada acara WWF ke-10 tahun 2024 nanti di Bali. ‘’Terima kasih telah memilih Bali. Bali mendapat penghargaan sebagai tujuan resort terbaik se-Asia. Lebih dari itu, beberapa tempat di Bali ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO, seperti lanskap Subak Catur Angga Batukaru; Pura Kerajaan Taman Ayun; pura air tertinggi Ulun Danu Batur, serta lanskap Subak Daerah Aliran Sungai (DAS) Pakerisan. Kedua: sebagai Gubernur Bali, dia mengajukan pelaksanaan WWF ke-10 pada 18 hingga 24 Mei 2024, agar secara resmi dibuka pada
18 Mei 2024, karena pada tanggal tersebut merupakan rahina Tumpek Uye. Hari itu untuk menyucikan dan memuliakan air. Forum tersebut akan berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Kutsel. BNDCC merupakan tempat baru dan tempat yang mempunyai fasilitas konvension paling lengkap, bertempat di kompleks resort kelas dunia yang tenang dan aman. Tempat ini juga memiliki akses yang mudah ke banyak daya tarik dan tempat wisata. Ketiga: perhelatan Presidensi G20 serta banyak lagi pertemuan internasional yang dilaksanakan sejak puluhan tahun sebelumnya. Hal itu membuktikan bahwa Bali mampu menjadi tuan rumah even-even yang besar. Sebagai negara berkembang, Indonesia berkomitmen mengatasi tantangan terkait air serta bisa mendorong perhatian dan aksi global untuk menyelesaikan tantangan-tantangan air dan bencana terkait air. ‘’Pada kesempatan istimewa ini merupakan kebahagiaan serta kehormatan bagi saya, karena bisa mengundang Bapak Presiden WWC bersama delegasi semua untuk datang ke Bali pada WWF ke-10 tahun 2024. Saya sangat mengharapkan semua delegasi datang ke Bali dengan mengajak pasangan dan keluarga. Kami sangat senang bisa memberikan pelayanan terbaik serta menyambut para delegasi berserta keluarga di Bali,’’ tegas Koster.

Baca juga :  Isoter Kosong, Kasus Aktif Hanya 545

Indonesia berhasil menjadi tuan rumah dan Bali sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan WWF 2024 merupakan perjuangan yang sangat berat melalui proses panjang. Persiapan yang dilakukan oleh Pemprov Bali dimulai tahun 2019. Gubernur Koster mengawali dengan menerbitkan Surat Rekomendasi tertanggal 29 Juli 2019 No.503/9482/SEKRET/DISPUPR, yang ditujukan ke Presiden WWC yang berkedudukan di Marseille, Prancis. Koster menyampaikan  pertimbangan bahwa Bali sebagai pusat peradaban dunia memiliki kekayaan dan keunikan adat istiadat, tradisi, seni dan budaya, dan kearifan lokal yang adiluhung, serta memiliki alam yang indah dengan keramahtamahan masyarakat. Hal inimenjadikan Bali menarik perhatian masyarakat dunia sebagai tujuan wisata pulau terbaik di dunia lengkap dengan fasilitas yang memadai dan berkualitas untuk menyelenggarakan pertemuan berstandar internasional.

Selanjutnya pada 8 Desember 2021 Gubernur Koster menerima kedatangan panitia seleksi tuan rumah WWF 2024 yang dipimpin Governor of World Water Council, Dale Jacobson, didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR RI, Endra S.Atmawidjaja, Pendiri Indonesia Water Institute (IWI) sekaligus pakar tata air, Firdaus Ali, Kalaksa BPBD Provinsi Bali I Made Rentin dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun di Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar.

Baca juga :  Puluhan PPDN di Terminal Negara Diputar Balik

Governor of World Water Council, Dale Jacobson, yang memimpin election committee WWF 2024, didampingi tiga anggota komite  berasal dari (AS, Prancis, dan Brazil) menyatakan sangat terkesan dengan paparan Gubernur Koster yang secara nyata memperlihatkan bahwa air jadi elemen penting dalam kehidupan dan pola pembangunan di Bali. “Saya terkesan, terutama melihat air jadi bagian penting sebagai sumber kesejahteraan bagi masyarakat Bali dan saya apresiasi bahwa air jadi elemen penting dalam program pembangunan. Artinya, sustainability adalah hal yang utama,” sebut
Dale Jacobson.

Baca juga :  Bekuk Penyalahguna Narkoba, Polisi Malah Temukan Pistol

Sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan rasa syukur kepada Gubernur Koster, karena Bali terpilih sebagai tuan rumah WWF ke-10 setelah pada tanggal 19 Maret 2022 dilaksanakan pemilihan tempat penyelenggara WWF ke-10 di Dakar, Sinegal, secara voting.  Dimana yang divoting itu adalah Bali dan Italia dengan hasil: dari 36 negara yang mempunyai hak suara, 30 negara memilih Bali sebagai tuan rumah WWF ke-10, dan hanya satu negara memilih Italia, dan enam negara abstain.  (dwa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini