Polres dan Dishub Buleleng Siapkan Jalur Alternatif

picsart 22 10 17 20 34 17 399
JALUR ALTERNATIF - Arus lalulintas yang dialihkan menuju jalur alternatif ke Kabupaten Buleleng, via jalur Seririt-Kota Singaraja, dan Bedugul.

Singaraja, DENPOST.id

Banjir yang melanda Jembrana, mengakibatkan sejumlah ruas jalan trans nasional lumpuh total. Hampir semua akses jalan dari arah Gilimanuk menuju Denpasar, maupun sebaliknya tertutup akibat jembatan di Jembrana, sedang dievakuasi akibat tertimbun material kayu, lumpur dan batu.

Untuk sementara arus lalulintas (lalin) dialihkan menuju jalur alternatif ke Kabupaten Buleleng, via jalur Seririt-Kota Singaraja dan Bedugul. Pengalihan arus lalin mendapat perhatian Kapolres Buleleng, AKBP I Made Dahnuardana dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan AP, dengan melakukan pemeriksaan jalur yang akan dilalui kendaraan dari pengalihan.

Kapolres Buleleng, AKBP I Made Dahnuardana mengatakan pihaknya tengah melakukan survei untuk mengetahui tipikal kelas jalan yang akan menjadi jalur alternatif pengalihan arus lalin dari Gilimanuk-Denpasar via Buleleng. Ada beberapa kelas jalan yang mendapat perhatian terutama untuk kendaraan penumpang umum, barang maupun kendaraan lainnya termasuk didalamnya kendaraan besar, seperti bus, truk engkel maupun truk gandeng dan tronton.

“Semua jenis kendaraan tersebut akan kita alihkan sesuai jenis kendaraan dan peruntukannya. Ini untuk memudahkan akses kendaraan yang akan lewat,” kata AKBP I Made Dahnuardana, Senin (17/10/2022).

Baca juga :  PBVSI Badung Lirik Badung Selatan Supaya Ini

Persiapan yang dilakukan AKBP Dhanuardana bersama Lantas Buleleng, yakni arus lalin yang menjadi jalur pengalihan telah dibuka dan sudah mulai dilalui kendaraan. “Banner penunjuk arah sudah dibuat agar masyarakat tidak salah arah dan lebih mudah memilih jalur dan arah sesuai tujuan dan jenis kendaraannya.Terlebih di jalur jalan yang akan dilalui ada jalan yang sedang dibangun, dan ini juga agar tidak menjadi hambatan. Dibeberapa titik sudah ditempatkan anggota untuk melakukan pengaturan,” jelasnya.

Baca juga :  Bupati Agus Suradnyana Sebut PDP di Buleleng Bertambah

Sementara Kadishub Buleleng, Gunawan mewanti-wanti kepada pengendara agar tetap mengikuti petunjuk arah yang dibuat aparat selama masa pengalihan arus lalin, dengan tidak berpatokan pada google map. “Bagi pengendara yang belum memahami jalur jalan kami sarankan jangan menggunakan google map agar tidak salah memilih jalur jalan. Beberapa titik jalan memang cukup rawan dilalui kendaraan jenis matic,” jelas Gunawan.

 

Sementara pengalihan arus sesuai skema dari Satlantas Polres Buleleng, beberapa jalur pengalihan arus dari arah Gilimanuk – Denpasar mengingat penutupan arus di jalur Jembrana – Denpasar, dikirim jalur – jalur yang akan dilalui.

Baca juga :  Buleleng Siapkan Asrama Mahasiswa Undiksha Sebagai Pusat Isolasi OTG

Truk jalur Gilimanuk – Denpasar begitu pula sebaliknya jalur utama Seririt Singaraja – Jalan Ayani – Jalan Dewi Sartika utara – Jalan Merak – Jalan Erlangga – Jalan Surapati – Jalan Wr. Supratman – Jalan Singaraja Amlapura.

Untuk mini bus jalur Gilimanuk – Denpasar begitu pula sebaliknya. Jalur Seririt Denpasar, yakni Jalan Seririt Pupuan – Jalan Mayong Gunung Sari – Jalan Seririt Banyuatis – Jalan Munduk – Jalan Munduk Wanagiri – Jalan Raya Wanagiri. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini