Truk Maksimal 20 Ton Akhirnya Boleh Melintasi Jembatan Biluk Poh

picsart 22 10 18 20 06 12 807
BISA DILINTASI - Truk dengan kapasitas 20 ton, saat bisa melintasi jembatan Biluk Poh.

Negara, DENPOST.id

Pascabanjir bandang di Sungai Biluk Poh, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, truk bermuatan besar terjebak antrian. Setelah dua hari antre terjebak di jalan Denpasar Gilimanuk yang tutup, truk -truk bertonase besar akhirnya bisa melintasi jembatan Biluk Poh.

Dari pengamatan, Selasa (18/10/2022), truk-truk besar yang sebelumnya berada di sisi barat jembatan atau arah dari Pulau Jawa ke Denpasar, sudah diperbolehkan melewati jembatan. Namun, petugas tetap menerapkan pola buka tutup dan mengatur jumlah kendaraan yang melintas.

Baca juga :  Antisipasi Covid-19 Gelombang Ketiga, Gubernur Koster Minta Warga Patuhi Prokes

Sistem buka tutup dilakukan guna memastikan jembatan kuat menahan beban, setelah terjangan air dan kayu. Sementara untuk truk yang sudah masuk dari Jawa, melalui Gilimanuk (di luar yang terjebak macet), mulai Selasa siang diseleksi maksimal 20 ton. Kendaraan barang yang melebihi 20 ton, sementara tidak diperbolehkan melanjutkan.

Koordinator Satuan Pelaksana Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik Gilimanuk, Arya Negara mengatakan sesuai koordinasi untuk kendaraan barang yang masuk ke Bali, dilakukan pembatasan melintasi Denpasar-Gilimanuk, berdasarkan bobot. Maksimal berat truk yang boleh melintas adalah 20 ton.

Baca juga :  Air Sungai Biluk Poh Kembali Meluap, Warga Diminta Amankan Diri

Dikatakan dia, sudah dilakukan penimbangan. “Yang lebih 20 ton sementara di sini dulu (tidak melintas),” kata Arya. Sedangkan untuk truk yang dibawah 20 ton boleh melintas, namun juga waktunya diatur dengan jeda lima menit dan tiga truk boleh berjalan. Hal ini juga dilakukan untuk antisipasi kemacetan karena menumpuknya truk yang masuk dari Jawa menuju Denpasar.

Dikatakan juga untuk antisipasi karena kondisi jembatan juga belum ada perbaikan. Saat ini, untuk truk atau kendaraan barang yang baru masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, dan melebihi tonase 20 ton diparkir di sekitar areal Jembatan Timbang Cekik. Belasan truk sudah memenuhi areal parkir UPPKB Cekik. (120)

Baca juga :  Diduga Depresi, Seorang Pria Nekat Gantung Diri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini