BNPB Harap DSP untuk Bencana di Jembrana Tepat Guna

tamba 1
BANTUAN - Pemkab Jembrana menerima bantuan dana siap pakai (DSP) untuk penanganan darurat bencana alam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Negara, DENPOST.id

Pemkab Jembrana menerima bantuan dana siap pakai (DSP) untuk penanganan darurat bencana alam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Bantuan dana sebesar Rp 250 juta serta Rp 100 juta berupa logistik diserahkan Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB, Zaenal Arifin, kepada Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, di rumah jabatan Bupati, Rabu (19/10/2022) sore.

Diharapkan dana tersebut tepat guna. Bantuan dana siap pakai tersebut nantinya akan digunakan untuk operasional keposkoan guna membantu penanganan darurat bencana banjir di wilayah Kabupaten Jembrana.
“BNPB memberikan bantuan nilai uang tunai sebesar Rp 250 juta dan Rp 100 juta untuk pemenuhan kebutuhan dasar agar masyarakat yang terdampak segera tertangani dan pulih seperti sedia kala. Minimal ada penghidupan masyarakat itu dapat berlangsung. Kami harap tepat guna,” ucap Zaenal Arifin.

Baca juga :  Pantau Aktivitas Penyeberangan, Kapolres Jembrana Datangi Pelabuhan Gilimanuk

Selain itu, dalam penanganan bencana di Kabupaten Jembrana pihaknya  akan melaksanakan  pendampingan dan mengawal pengajuan bantuan dari Pemkab Jembrana guna mempercepat pemulihan masyarakat Jembrana yang terdampak bencana.
“BNPB mempunyai tugas yaitu pendampingan baik itu pendampingan logistik peralatan, administrasi, akan kita berikan pendampingan terutama dalam mempercepat pemulihan masyarakat yang terdampak,” ujarnya.

Zaenal Arifin menyampaikan, masyarakat yang menjadi korban bencana bisa mendapatkan bantuan biaya pembangunan senilai Rp 50 juta.
“Pemerintah hanya dapat membantu uang stimulan, jika rusak berat kita akan berikan bantuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan sekitar Rp 50 jutaan. Dan itu akan diberi lagi sesuai dengan kebutuhan. Jika ada relokasi berarti nanti akan dapat diakses di BNPB terkait dengan dana stimulan rehabilitasi,” ungkapnya.

Baca juga :  Cegah Penyakit Ternak Babi, Petugas Keswan Gencar Sosialisasi

Bupati Tamba berterima kasih atas perhatian BNPB akan bencana banjir bandang di Jembrana. Merespons hal itu, ia ingin bertemu dengan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto guna mendiskusikan serta mengajukan bantuan untuk biaya pembangunan masyarakat Jembrana yang terdampak bencana.
Tamba juga berharap bantuan Rp 50 juta untuk masyarakat yang kehilangan tempat tinggal itu dapat benar-benar terealisasikan. “Ini yang harus kita follow up segera terkait bantuan biaya pembangunan tadi. Termasuk menyelesaikan mekanismenya serta bagaimana administrasinya sehingga perlu ditindaklanjuti bertemu langsung Kepala BNPB,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  Tandingi PDIP, KMJ Sepakat Ajukan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini