Pantai Crystal Bay Dipenuhi Sampah Kiriman

picsart 22 10 20 15 27 15 763
SAMPAH KIRIMAN - Warga bersama petugas membersihkan sampah kiriman di sekitar Pantai Crystal Bay, Nusa Penida, Kamis (20/10/2022).

Semarapura, DENPOST.id

Cuaca buruk yang terjadi belakangan ini di wilayah Klungkung tidak hanya menimbulkan longsor dan pohon tumbang, namun juga mendatangkan sampah. Kondisi ini terlihat di Pantai Crystal Bay, Desa Sakti, Nusa Penida. Objek wisata favorit di Nusa Penida ini dipenuhi sampah kiriman jenis kayu sejak beberapa hari belakangan ini.

Kondisi ini membuat warga tergerak untuk turun melakukan pembersihan, Kamis (20/10/2022). Bersama aparat Desa Sakti dan anggota Babinsa, warga Banjar Penida turun melakukan gotong-royong membersihkan tumpukan sampah jenis kayu yang berserakan di tepi Pantai Crystal Bay. Kegiatan ini juga mendapat perhatian wisatawan yang berkunjung.

Baca juga :  Sidak Duktang, Tim Yustisi Jaring 8 Warga Jember di Nusa Penida

Ada sejumlah wisatawan yang mandi di pantai ikut turun membantu mengumpulkan sampah kiriman tersebut. “Kami juga tidak bisa tinggal diam dengan kondisi sampah yang berserakan ini. Maka kami bersama perangkat desa dan warga, berinisiatif untuk melakukan gotong royong membersihkan sampah di sepanjang Pantai Crystal Bay,” kata Perbekel Desa Sakti, I Ketut Parcita.

Menurut Ketut Parcita, sampah jenis kayu yang berserakan di Pantai Crystal Bay merupakan sampah kiriman. Sampah ini terbawa dari wilayah yang ada di sepanjang pantai akibat hujan yang terjadi beberapa hari belakangan ini. Hal ini tentu mengurangi keindahan Pantai Crystal Bay yang selama ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Nusa Penida.

Baca juga :  Gubernur Koster Ajak Warga di Pura Jagat Batu Medau Doakan KTT G20

“Kami juga berharap warga atau pengunjung harus memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan agar pantai tetap kelihatan bersih,” katanya.

Sementara Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf Armen, mengapresiasi langkah Babinsa dan perangkat desa serta warga setempat yang cepat dan sigap dalam mengatasi masalah timbunan sampah di Pantai Crystal Bay. Apalagi pantai tersebut merupakan salah satu objek wisata yang selalu diserbu oleh wisatawan.

“Dengan adanya tumpukan sampah di sepanjang pantai, secara otomatis akan mempengaruhi kebersihan, keindahan serta kesehatan objek wisata tersebut, sehingga juga pasti akan berpengaruh terhadap animo wisatawan,” ucap Armen. (119)

Baca juga :  Dirikan Dapur Umum di Banjar Tanah Bias, 87 Warga di Desa Ped Masih Terisolasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini