Longsor dan Pohon Tumbang Tutupi Badan Jalan di Bangli

picsart 22 10 26 14 31 40 029
LONGSOR - Tanah longsor dan pohon tumbang di Bangli menutup akses jalan. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Cuaca ekstrem yang masih terjadi beberapa pekan ini menambah daftar bencana alam di Bangli. Selasa (25/10) petang, tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di beberapa titik dan menutup akses jalan. Dilaporkan tak ada korban jiwa maupun luka. Proses penanganan baru dilakukan pada Rabu (26/10/2022).

Kepala BPBD dan Damkar Bangli, I Wayan Wardana, mengatakan, ada tiga kejadian di tiga titik berbeda Selasa sore. Yakni dua di wilayah Kecamatan Bangli dan satu kejadian di Kecamatan Susut.

Rinciannya, Desa Tiga, Susut, Selasa (25/10/2022) sekira pukul 18.00 wita, terjadi tanah longsor di ruas jalan Linjong-Temaga. Akibatnya arus lalin terganggu, sebab material longsor berupa tanah dan batu-batu besar menutupi hampir semua badan jalan. “Dari hasil assesment diperlukan alat berat (loader), maka kami koordinasikan dengan Dinas PU Kabupaten,” kata Wardana didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD dan Damkar Bangli, Ketut Agus Sutapa.

Upaya penanganan dilakukan
dengan alat berat Dinas PU, Rabu pagi. “Penanganannya baru bisa pagi ini (Rabu), karena semalam pertimbangan cuaca dan kelabilan tebing pada sisi barat jalan,” jelas Agus.

Baca juga :  Warga Desa Belandingan Ditemukan Tewas Gantung Diri di Pohon Nangka

Selanjutnya tanah longsor di wilayah
Desa Bunutin, Bangli, tepatnya di jalan masuk areal obyek wisata Twin Hill. Bencana diduga terjadi pada Rabu (26/10/2022) dini hari. “Hasil assesment juga diperlukan alat berat, sehingga baru bisa ditangani oleh Dinas PU setelah pengerjaan di Tiga selesai. Mudah-mudahan cuaca mendukung, sehingga upaya penanganan bisa secepatnya,” harapnya.

Sementara satu lagi di wilayah Kelurahan Kubu. Di mana serumpun bambu tumbang di ruas jalan lingkungan diduga Rabu (26/10/2022) dini hari. Tumbangnya bambu tersebut juga menutupi keseluruhan badan jalan. “Tidak memungkinkan dengan alat chain saw, sehingga disarankan agar pemilik mencari pembeli bambu sehingga material bernilai ekonomis,” imbuhnya.

Baca juga :  Tiga Kendaraan Nyungsep di Jalan Jebol, Tiga Orang Tewas, Tiga Selamat

Dalam kesempatan ini pihaknya kembali mengimbau masyarakat untuk selalu
tetap waspada. Sebab terjadi potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.
“Tetap waspada dan hati-hati bila bepergian. Pastikan memperoleh perkembangan informasi terkait peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi mengenai penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lintas instansi lainnya,” pungkasnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini