Waspadai Banjir Rob Berpotensi Terjadi di 27 Pantai di Bali

picsart 22 10 26 19 42 11 852
CUACA - Peringatan dini cuaca di Bali.

Kuta, DENPOST.id

Dalam sepekan ke depan, sejumlah pesisir pantai wilayah Bali berpotensi mengalami Rob. Naiknya air laut ini, diperkirakan akan terjadi dalam kurun waktu antara 27 hingga 29 Oktober 2022.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena ini terjadi dipengaruhi dua kejadian alam, yakni Bulan Baru pada, 25 Oktober 2022, dan Perigee pada 29 Oktober 2022.

Hal itu diungkapkan Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, I Nyoman Gede Wiryajaya, Rabu (26/10/2022).

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, lanjut dia, banjir Rob berpotensi terjadi di 27 pantai wilayah Bali. Di antaranya Pantai Pulukan, Pantai Pekutatan, Pantai Balian, Pantai Soka, Pantai Pasut, Pantai Kelanting, Pantai Yeh Gangga, Pantai Kedungu, Pantai Tanah Lot, Pantai Batu Bolong, Pantai Seminyak, Pantai Kuta, Pantai Jerman, Pantai Nusa Penida, Pantai Balangan, Pantai Padang-Padang, Pantai Nunggalan, Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua, Pantai Serangan, Pantai Sanur, Pantai Sindu, Pantai Saba, Pantai Masceti, Pantai Lebih, Pantai Ketewel, dan Pantai Kusamba.

Baca juga :  Satu Orang Terseret Arus di Pantai Berawa

Namun demikian, potensi Rob ini diprediksi tidak berlangsung bersamaan di tiap wilayah.
Hal ini, lanjut dia mengutip Informasi Potensi Banjir Pesisir (Rob) Wilayah Pesisir Bali, 27 hingga 29 Oktober 2022, yang dikeluarkan BMKG Pusat tertanggal 26 Oktober 2022.

“Fenomena alam ini, secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat. Terlebih yang berkegiatan di sekitar pelabuhan dan pesisir. Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” bebernya sembari mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG Wilayah III Denpasar. (113)

Baca juga :  Vaksin Tahap Tiga Tiba di Baseops Lanud Ngurah Rai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini