Gelar Puja Genta Pinara Pitu, Ratusan Pinandita Gianyar Doakan Sukseskan KTT G20

picsart 22 10 27 22 14 23 685
PUJA GENTA - Ratusan orang pemangku se- Kabupaten Gianyar, saat mengikuti Puja Genta Pinara Pitu dan Doa Bersama di Pura Pucak Bukit Langkian, Lingkungan Bukit Batu, Kelurahan Samplangan, Gianyar, Rabu (26/10/2022).

Gianyar, DENPOST.id

Ratusan orang pemangku se- Kabupaten Gianyar, mengikuti Puja Genta Pinara Pitu dan Doa Bersama bertepatan dengan hari raya Pagerwesi yang jatuh pada buda kliwon wuku sinta. Puja Genta Pinara Pitu dan Doa Bersama berlangsung di Pura Pucak Bukit Langkian, Lingkungan Bukit Batu, Kelurahan Samplangan, Gianyar, Rabu (26/10/22).

Puja Genta Pinara Pitu merupakan puja yang dikumandangkan dengan sarana utama genta untuk mengarah pada tujuh lapisan alam yang digagas Pemerintah Provinsi Bali dilakukan secara offline maupun online dengan aplikasi zoom. Pelaksanaan Puja Genta Pinara Pitu dan Doa Bersama dilakukan guna memohon kesuksesan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan pada, 15 dan 16 November 2022.

Baca juga :  Desa Adat dan Dinas Ketewel Bangun Pengolahan Sampah TPS3R

Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam sambutannya yang disampaikan melalui aplikasi zoom mengatakan masyarakat Bali memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk mendoakan kelancaran KTT G20, baik secara sekala dan niskala.
“Tujuan mulia acara Puja Genta Pinara Pitu dan Doa Bersama ini, adalah untuk memohon restu alam semesta agar seluruh rangkaian acara Presidensi G20 berjalan dengan lancar, nyaman, aman, damai dan sukses. Selain itu, acara ini bertujuan mewujudkan kedamaian dan perdamaian diiringi kemajuan peradaban Indonesia dan dunia, dengan tatanan era baru pascapandemi Covid-19,” kata Gubernur Koster.

Lebih lanjut Gubernur Koster menjelaskan tatanan kehidupan era baru harus diiringi dengan semangat kebersamaan sesuai dengan tema KTT G20, yakni Recover Together, Recover Stronger yang artinya Pulih Bersama, Bangkit Bersama.
“Tatanan kehidupan era baru usai pandemi Covid-19 diiringi dengan semangat kebersamaan, yaitu pulih bersama, tumbuh bersama, hidup bersama, berkembang bersama, kuat bersama dan bermanfaat bersama. Inilah persembahan spirit mulia dan luhur dari Bali untuk dunia,” jelas Gubernur Koster.

Baca juga :  Terima 5 Ton Beras, Wakapolres Gianyar Pantau Penyaluran

Selain Kabupaten Gianyar, kegiatan Puja Genta Pinara Pitu dan Doa Bersama juga serentak dilakukan pemangku dan umat Hindu di pura-pura yang ada di 1.493 desa adat di kabupaten dan kota se-Bali, yang diperkirakan total mencapai 150.000 orang.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan menyambut baik kegiatan doa bersama yang digagas Pemprov Bali, mengingat KTT G20 berlangsung di tengah berlangsungnya konflik bersenjata antara Rusia dengan Ukraina. “Mari kita berdoa agar seluruh kegiatan KTT G20 Indonesia tahun 2022, sukses aman dan lancar, serta dapat memberikan manfaat kebaikan bagi masyarakat Bali, masyarakat Indonesia dan dunia,” harap Luhut Binsar Panjaitan.

Baca juga :  Bali Zona Orange, Sholat Ied Tak Boleh Berjamaah

Turut hadir Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Mayun, didampingi Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, serta Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar.(116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini