Di Bangli, Pengaduan Bencana Meningkat

picsart 22 10 28 14 46 27 690
Kepala Diskominfosan Bangli, I Wayan Dirgayusa

Bangli, DENPOST.id

Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa pekan ini mengakibatkan bencana alam di sejumlah wilayah di Bangli. Layanan Pengaduan 24 Jam Pemkab Bangli mencatat ada peningkatan pengaduan terkait bencana pada Oktober 2022.

“Pengaduan masuk lewat media sosial seperti facebook, WhatsApp maupun melalui call center 550-1000,” kata Kepala Diskominfosan Bangli, I Wayan Dirgayusa, Jumat (28/10/2022).

Mantan Camat Kintamani ini menyebutkan, berdasarkan data pada web service dan catatan tim pengaduan, jumlah laporan pengaduan yang masuk terhitung sejak 1 – 25 Oktober sebanyak 267. Dari jumlah tersebut, sebagian di antaranya berkaitan dengan kebencanaan seperti jalan putus, senderan rusak dan lainnya. Di mana Rata-rata laporan berkaitan dengan bencana meliputi kerusakan jalan. Selain itu juga permintaan evakuasi pohon tumbang, ataupun permintaan perompesan mengantisipasi cuaca buruk.

Selain berkaitan dengan kebencanaan, lanjutnya, banyak pula pengaduan terkait pelayanan kelistrikan dan internet. Menurut pejabat asal Desa Demulih, Kecamatan Susut, Bangli ini, dari 267 pengaduan yang masuk, 71,54 persen di antaranya telah terselesaikan. Sedangkan 11,99 persen lainnya sedang dalam proses. Terkait pengaduan yang belum diproses, kata Dirgayusa, karena laporan kurang lengkap. Tidak hanya itu, ada pengaduan yang penanganannya memerlukan anggaran besar, sehingga perlu proses untuk penanganan.

Baca juga :  PMK Meluas ke Demulih, Saudagar Enggan Beli Sapi

“Ada sekitar 13,86 persen pelaporan yang masih diarsipkan atau belum diproses. Ini karena ada beberapa hal, bisa dikarenakan laporannya kurang lengkap ataupun laporannya ganda,” sebutnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini