Pahami Perbedaan Serangan Jantung Dengan Henti Jantung!

konsul dokter

Oleh: dr. Saraswati Putri Yogita, S.Ked

SECARA umum, untuk dapat membedakan serangan jantung dengan henti jantung merupakan suata hal yang cukup membingungkan, karena keduanya merupakan keadaan darurat yang mempengaruhi jantung. Namun mereka bukan hal yang sama. Serangan jantung melibatkan gangguan suplai darah ke jantung. Hal tersenbut dapat menyebabkan serangan jantung yaitu ketika jantung berhenti memompa.

Henti Jantung: terjadi secara tiba-tiba, biasanya tanpa peringatan, ketika jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh. Seseorang dapat jatuh pingsan dan meninggal dalam beberapa menit jika tidak segera mendapatkan perawatan.
Gejala Henti Jantung: Dalam kebanyakan kasus, gejala pertama serangan jantung adalah kehilangan kesadaran. Jika seseorang engalami serangan jantung, maka akan berhenti bernapas atau bernapas tidak normal, tidak sadar, tidak responsif atau tidak ditemukan denyut nadi.

Baca juga :  PPDN dari Zona Hitam Harus Tes Cepat Ulang di Gilimanuk

Serangan Jantung: terjadi ketika ada gangguan suplai darah ke jantung. Ini biasanya terjadi ketika gumpalan darah menyumbat salah satu arteri koroner pada jantung. Jantung masih memompa darah ke seluruh tubuh, tetapi bagian jantung yang biasanya menerima darah dari arteri yang tersumbat mulai mati. Serangan jantung dapat menyebabkan kerusakan serius pada jantung dan berakibat fatal.
Gejala Serangan Jantung: Gejala khas serangan jantung meliputi nyeri dada atau ketidaknyamanan, nyeri berat atau terbakar yang menyebar ke satu atau kedua lengan atau punggung, leher, rahang, atau perut, sesak napas, pusing, mual, detak jantung yang cepat atau tidak teratur, berkeringat. Beberapa orang mungkin mengalami serangan jantung tanpa gejala atau dengan gejala yang sangat ringan.
Sekarang setelah anda mengetahui perbedaan antara serangan jantung dan henti jantung, anda akan dapat mengidentifikasi gejalanya dalam waktu yang singkat! Dengan melihat gejala-gejala tersebut, anda akan lebih sadar akan serangan dan henting jantung sehingga dapat segera membawa diri anda ke rumah sakit terdekat sebelum terlambat! (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini