Porprov XV, Kontingen Buleleng Bakal Dilepas di Tugu Singa Ambara Raja

picsart 22 11 02 15 24 46 412
RAKOR - Rapat koordinasi persiapan pelepasan Atlet Porprov Bali di Kantor KONI Buleleng, Rabu (2/11/2022).

Singaraja, DENPOST.id

Pelepasan kontingen Buleleng yang akan berjuang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali kali ini berbeda dari biasanya. Pelepasan atlet dan tim ofisial akan dilakukan di depan Tugu Singa Ambara Raja bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2022.

Acara akan diikuti oleh 484 atlet, 155 ofisial, 60 orang panitia dan 30 undangan untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan beberapa instansi lain. Porprov Bali XV akan digelar di 9 kabupaten dan kota di Bali, termasuk di Buleleng.
Buleleng menjadi tuan rumah untuk pertandingan sepak takraw, tenis lapangan, atletik dan selam (selam perairan terbuka dan selam kolam renang).

Saat pelepasan atlet, ruas Jalan Ngurah Rai sampai di depan Gedung IGD Rumah Sakit Umum Daerah akan ditutup selama tiga jam, dan dialihkan ke jalur lain.

Kadis Perhubungan Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan A.P mengatakan, pengalihan arus dan sentralisasi personel akan dilakukan di 15 lokasi lain, karena penutupan satu titik lalu lintas akan berdampak pada aksesbilitas lainnya.
Sentralisasi petugas Dinas Perhubungan akan dilakukan di depan Pura Desa Adat Buleleng, Catus Pata, Pertigaan Jalan Gempol-Gajah Mada, Pertigaan IGD RSUD Buleleng-Mahottama, pertigaan Jalan Bisma, Jalan Parikesit, dan persimpangan Taman Makam Pahlawan Curastana. Dishub Buleleng juga sudah merekayasa kantong parkir dengan memanfaatkan halaman parkir kantor Bupati Buleleng, Kantor DPRD Buleleng, Kantor BPKPD dan Halaman parkir rumah jabatan Bupati Buleleng.

Baca juga :  Porprov Bali, Pemanjat Tebing Buleleng Sabet Emas dan Perak

“Namun kami berharap kedisplinan dari semua pihak yang terlibat langsung dalam pelepasan nanti. Kantong parkir sudah kami siapkan dan kami meminta KONI Buleleng untuk membagi sesuai masing-masing cabor agar diarahkan ke kantong parkir yang ada,” kata Gunawan didampingi Kabid Lalu lintas, Cok Aditya, Rabu (2/11/2022).

Sementara itu, Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja, mengatakan, koordinasi dengan berbagai pihak terus dilakukan untuk menyukseskan penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan Porprov Bali XV.
Setelah pelepasan, beberapa anggota kontingen sudah ada yang berangkat ke Denpasar menuju arena Porprov Bali. Karena, ada beberapa cabang olahraga melakukan pertandingan lebih awal.
“Secara resmi pembukaan akan dilakukan tanggal 20 November, namun ada beberapa cabang olahraga yang melakukan pertandingan lebih awal di tanggal 12 November,” terang Wiratmaja.

Baca juga :  Porprov Bali XV Ditunda, Badung Tunda Renovasi Venue

Selain pelepasan kontingen Buleleng, KONI Buleleng juga sedang mempersiapkan penyambutan api suci Porprov Bali XV yang akan disemayamkan selama satu malam di Kantor Bupati Buleleng, Jumat 18 November 2022.
Penyambutan akan dilakukan di Desa Tajun sebagai titik perbatasan wilayah Buleleng dengan Bangli. Dari perbatasan, api suci Porprov Bali XV akan melewati Desa Tamblang, Desa Bila, Desa Bengkala, Desa Kubutambahan, Desa Bungkulan, Desa Giri Emas, Desa Sangsit, Desa Kerobokan, Jalan WR Supratman, Jalan Surapati, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Pramuka, Jalan Ngurah Rai lalu berakhir di Kantor Bupati Buleleng. KONI Buleleng akan mempersiapkan 15 orang pelari untuk membawa api.
“Api akan disemayamkan selama satu malam, dan keesokan harinya langsung diserahkan Kembali ke KONI Bali, dari KONI Bali menyerahkan ke Kabupaten Jembrana dan langsung menuju Kabupaten Jembrana,” tandas Wiratmaja. (118)

Baca juga :  Tinjau PTMT SD, Ketua DPRD Buleleng Ingatkan Pendidik Teliti Cek Prokes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini