PW-AWBP Apresiasi Gubernur Koster BantuPugar Pura Payogan Agung Segara Rupek  

kokos12
PERINGATI HUT - Gubernur Bali Wayan Koster bersama segenap anggota Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (PW-AWBP) yang memperingati HUT ke-14 pada Minggu (6/11/2022) di Gedung Dharma Alaya, Lumintang, Denpasar Utara.

Lumintang, DenPost.id

Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan dirgahayu dan dirgayusa kepada Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (PW-AWBP) yang memperingati HUT ke-14 pada Minggu (6/11/2022) di Gedung Dharma Alaya, Lumintang, Denpasar Utara.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Koster mengajak Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali agar berbhakti kepada Bhisama Mpu Sedah yang dibacakan dalam peringatan HUT ke-14 PW-AWBP. “Saya meyakini semua pesemetonan di Bali memiliki pesan-pesan yang baik dalam bhisama-nya. Untuk itu, saya harap pesan tersebut dijalankan dengan baik dan secara parasparos sarpanaya salunglung sabayantaka, karena yang menata dan membangun Bali ini adalah orang–orang suci, sakti, dan hebat luar biasa,” kata Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

Dia minta agar pesan bhisama ini disosialisasikan ke anak–anak-cucu untuk dijadikan pedoman dalam menjalankan kehidupan di masa mendatang.  Sejalan dengan pesan Bhisama Mpu Sedah, Gubernur Koster mengajak PW-AWBP agar ikut bertanggungjawab untuk membangun Bali yang dijalankan saat ini dengan visi ‘’Nangun Sat Kerthi Loka Bali’’ melalui nilai–nilai kearifan lokal Sad Kerthi yaitu enam sumber utama kesejahteraan dan kebahagiaan untuk kehidupan manusia yang meliputi Atma Kerthi, Segara Kerthi, Danu Kerthi, Wana Kerthi, Jana Kerthi, dan Jagat Kerthi.

Dalam pembangunan di Bali, yang menjadi prioritas utama adalah memperkuat dan memajukan adat-istiadat, tradisi, seni budaya dan kearifan lokal Bali yang didasari Perda Bali No.4 Tahun 2019 tentang desa adat di Bali; Perda Bali No.4 Tahun 2020 tentang penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali; Pergub Bali No.79 Tahun 2018 tentang hari penggunaan busana adat Bali: dan Pergub Bali No.80 Tahun 2018 tentang pelindungan dan penggunaan bahasa, aksara dan sastra Bali, serta penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. “Astungkara penguatan desa adat, memajukan budaya Bali, pengunaan aksara Bali dan busana adat Bali sudah berjalan sebagai modal utama kita di Bali untuk menata bidang–bidang kehidupan di Pulau Dewata. Kalau budaya di Bali tidak menjadi prioritas terlebih dahulu, maka pembangunan yang lain tidak akan menemukan arah dan kerangka yang tepat sesuai unteng-nya gumi Bali,” ungkap mantan anggota DPR RI tiga pperiode dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Baca juga :  91 PMI Jembrana Ditampung di Tiga Hotel

Dia menegaskan dalam pembangunan di Bali juga berpedoman pada Bhisama Lontar Batur Kalawasan yang memiliki pesan hidup saling menghidupi, urip saling menguripi dengan menyatu bersama alam.  Untuk menjaga taksu Bali, Gubernur Koster mendapat apresiasi tepuk tangan dari Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih, karena dengan niatnya yang fokus, tulus, dan lurus serta tanpa diminta, berinisiatif memuliakan tempat suci dari Ida Bhatara Dang Hyang Siddhi Mantra dengan melakukan pemugaran Pura Dang Kahyangan Payogan Agung Segara Rupek. ‘’Dari spirit beliau, saya menolak dengan tegas rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Jawa dan Bali, karena memiliki nilai sejarah yang bersifat spiritual, sangat sakral, dan tidak bisa dilanggar,’’ tambah Gubernur Koster.

Baca juga :  Diduga Korupsi, Seorang Pengurus LPD Sangeh Jadi Tersangka

Tepuk tangan juga diberikan oleh Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih terhadap era kepemimpinan Gubernur Koster, karena membangun infrastruktur monumental dan fundamental yang meliputi pelindungan kawasan suci Pura Agung Besakih, kawasan Pusat Kebudayaan Bali, shortcut Singaraja-Mengwitani, Pelabuhan Segitiga Sanur di Denpasar, Sampalan di Nusa Penida, dan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Klungkung, Bali Maritime Tourism Hub, Bendungan Sidan di Badung, Bendungan Tamblang di Buleleng, pembangkit listrik menuju Bali Mandiri Energi dengan energi bersih, Turyapada Tower KBS 6.0, dan membangun Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, serta membangun transformasi ekonomi dengan konsep Ekonomi Kerthi Bali.

Baca juga :  Komisi III dan Tim Gabungan Sidak Tempat Hiburan di Canggu

Ketua Umum PW-AWBP Bali/Pusat I Gusti Ngurah Jaya Negara, yang juga Walikota Denpasar, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Koster yang hadir dalam peringatan HUT ke-14 PW-AWBP, di sela-sela kesibukan Murdaning Jagat Bali ini menyukseskan Presidensi G20. “Titiang nunas sareng sami ngerastitiang mangde Bapak Gubernur Bali state ngemanggihin kerahajengan kenak rahayu ngenter Jagat Bali puniki,” ucap IGN Jaya Negara.

Dia juga mengucapkan terimakasih ke Gubernur Koster yang membantu penuh pemugaran Pura Dang Kahyangan Payogan Agung Segara Rupek. (dwa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini