Masuk Daftar Antrian, Ida Dewa Agung Jambe Belum Dapat Gelar Pahlawan

picsart 22 11 07 19 30 08 608
Penglingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Smara Putra.

Semarapura, DENPOST.id

Keinginan Pemkab Klungkung supaya Ida Dewa Agung Jambe mendapat gelar Pahlawan Nasional, ternyata belum bisa terwujud. Meski seluruh persyaratan telah dipenuhi, sayangnya nama Raja Klungkung terakhir ini belum terpilih untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional di tahun 2022.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta maupun Penglingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Smara Putra sama-sama mengaku kecewa terkait hal tersebut, Senin (7/11/2022).

Dijumpai di Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Smara Putra mengatakan kalau dirinya sempat terjun langsung mengawal usulan gelar Pahlawan Nasional untuk Ida Dewa Agung Jambe ke Jakarta. Ketika itu, Ida Dalem yang juga datang bersama Bupati Suwirta diberi informasi bahwa nama Ida Dewa Agung Jambe sudah tercantum sebagai salah satu kandidat yang memenuhi seluruh persyaratan.

“Dari 29 nama yang diusulkan sebagai Pahlawan Nasional di tahun 2022 ini, infonya usulan kita sudah berhasil. Di file tim pemberi gelar itu, usulan kita sudah masuk dalam daftar antrian,” ungkap Ida Dalem Smara Putra.

Baca juga :  Wabup Jembrana Awasi Penanggulangan PMK di Gilimanuk

Menurut Ida Dalem Smara Putra, dengan tercantumnya nama Ida Dewa Agung Jambe dalam daftar antrian, maka secara administratif Ida Dewa Agung Jambe sudah diakui sebagai Pahlawan Nasional. Hanya saja, belum ditetapkan secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Menurut tim sudah diakui (sebagai pahlawan nasional) tapi belum ditetapkan. Dengan lolos dari tim seleksi itu, berarti sudah diakui,” imbuhnya.

Ida Dalem Smara Putra mengakui dirinya merasa sedikit kecewa dengan belum terpilihnya Ida Dewa Agung Jambe, sebagai Pahlawan Nasional. Mengingat, upaya pengusulan yang sudah optimal tetapi hasilnya belum benar-benar mencapai puncak. Walau demikian, Ida Dalem memastikan dirinya tetap berbangga apalagi menurut dia yang terpenting adalah jiwa dan nilai-nilai perjuangan Ida Dewa Agung Jambe tetap terjaga.

Baca juga :  Warga Panik Rumpun Bambu Terbakar di Sebelah Rumah

“Kecewa ya kecewa, karena belum ditetapkan. Yang penting kan kita jiwa dan nilai-nilai kepahlawan tetap terjaga. Apakah hanya karena ditetapkan baru kita ada jiwa pejuang kan tidak? Ini cuma rasa kebanggan saja. Ditetapkan atau tidak ditetapkan jiwa pejuang tetap ada,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Bupati Suwirta. Menurut dia, usulan gelar Pahlawan Nasional untuk Ida Dewa Agung Jambe sudah dikawal hingga ke
Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) di Jakarta. Hasilnya, Ida Dewa Agung Jambe dipastikan sudah layak diberi gelar Pahlawan Nasional. Apalagi usulan sudah masuk daftar antri untuk diberi gelar Pahlawan Nasional. (119)

Baca juga :  Saraswati, Siswa Dilarang ke Sekolah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini