Puluhan Ekor Curik Bali Dilepasliarkan di Cekik

picsart 22 11 09 22 02 29 423
LEPASLIARKAN - Pelepasliaran burung curik/jalak Bali.

Negara, DENPOST.id

Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Rabu (9/11/2022), melepasliarkan puluhan ekor burung curik Bali di Cekik, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana. Ada sebanyak 10 ekor curik Bali, dilepasliarkan di halaman Kantor TNBB.

Pelepasliaran dilakukan Kepala TNBB bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan akehutanan dalam upaya melestarikan burung yang hanya bisa dijumpai di Bali bagian barat. Langkah ini dilakukan sebagai upaya pelestarian burung endemik Pulau Bali, yang keberadaannya dilindungi pemerintah lantaran hampir punah.

Baca juga :  Dugaan Korupsi Masker Digeber, Kejari Sita Berkas Pengadaan

Kepala Balai TNBB, Agus Ngurah Krisna mengatakan populasi jalak Bali di TNBB sebanyak 560 ekor. Dari jumlah tersebut, ada 82 ekor di antaranya terpantau berada di luar kawasan TNBB, seperti perkebunan warga lantaran pasokan air di dalam kawasan hutan Bali barat yang minim akibat jenis hutan di TNBB, yakni hutan musim.

Saat ini, menurut dia, selain masih adanya aksi perburuan liar, beberapa hal yang mempengaruui populasi jalak Bali, yakni banyaknya burung kompetitor dan predator, seperti ular dan monyet yang kerap memangsa anakan hingga telur curik Bali di alam liar.

Baca juga :  Pasien Covid-19 Meninggal di Jembrana Meningkat, Ini Faktanya

Populasi curik Bali di TNBB tahun demi tahun terus bertambah. Hal ini tidak terlepas dari upaya penangkaran yang dilakukan Balai TNBB yang juga bekerjasama dengan kelompok masyarakat pencinta burung.
Tercatat penambahan populasi curik Bali tiap tahun di TNBB ini mencapai 100 ekor.

Bahkan tercatat jumlah anakan dari beberapa sarang buatan dan alami yang ada di kawasan TNBB dari Mei 2021 sampai Mei 2022, mencapai 49 ekor. (120)

Baca juga :  Positif Covid-19, Sekdis Perkim Badung Meninggal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini