Menteri Agama Apresiasi Gerakan Puskor Hindunesia

picsart 22 11 14 06 19 57 035
MUKORNAS - Musyawarah Koordinasi Nasional (Mukornas) Puskor Hindunesia pertama kali diadakan 11-13 November 2022 di Hotel Zizz Covention Hotel, Dalung, Badung, Bali.

Badung, DENPOST.id

Pusat Koordinasi Hindu Indonesia (Puskor Hindunesia) merupakan organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial, budaya, lingkungan, keagamaan. Organisasi ini didirikan secara de yure di Denpasar pada tahun 2015. Musyawarah Koordinasi Nasional (Mukornas) merupakan pemegang kekuasaan tertinggi Puskor Hindunesia yang pertama kali diadakan 11-13 November 2022 di Hotel Zizz Covention Hotel, Dalung, Badung, Bali.

Puskor Hindunesia sudah memiliki 24 Dewan Koordinator Wilayah (Dekorwil) yang tersebar di wilayah Indonesia dengan total anggota terdaftar 18.000-an lebih. Ketua Panitia Pelaksana Mukornas, I Wayan Muliana, menyampaikan, Mukornas I Puskor Hindunesia dilaksanakan secara hibrid dan diikuti secara luring oleh Dewan Penasehat, Dewan Koordinasi Nasional (Dekornas) dan Dekorwil Bali, Jabar, Jateng, NTB, dan NTT. “Sisanya mengikuti secara daring melalui zoom meeting,” terang Muliana.

Baca juga :  Usai Pantau Pasar, Kapolsek Klaim Masyarakat Sudah Disiplin Prokes

Dirjen Bimas Hindu, Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, yang mewakili Menteri Agama RI dalam sambutan pembukaan menyambut baik pelaksanaan Mukornas I ini. Dia memberikan apresiasi kepada gerakan-gerakan positif Puskor Hindunesia yang juga menghormati keberagaman agama.

Pada sesi moderasi agama, disampaikan materi oleh tokoh lintas agama, yaitu tokoh umat Islam, Hindu, Kristen, Katolik, Budha, dan Konghucu. Pada kesempatan tersebut, Ida Pedanda Mandara Putra Kekeran juga menyampaikan Dharma Wacana.
Kegiatan ini dihadiri pula Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra, Gede Indra Dewa Putra, yang mewakili Gubernur Bali.

Baca juga :  Berulang Kali Dibui, Pencuri Asal Jember Akhirnya Ditembak

Pimpinan Sidang Mukornas I berjumlah lima orang yang merupakan utusan Dekorwil Puskor Hindunesia yang mewakili wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Mereka telah mengesahkan Laporan Pertanggungjawaban Ketua Dekornas Dr.(HC) Ida Bagus K. Susena, S.Kom, tata tertib Mukornas I, AD/ART, program umum, dan memimpin pemilihan Ketua Dekornas periode 2022-2027. Setelah melalui proses yang cukup alot namun demokratis, akhirnya Ida Bagus K. Susena terpilih kembali memimpin Puskor Hindunesia.

Baca juga :  Penumpang di Bandara Ngurah Rai,Domestik Menggeliat, Internasional belum Beranjak

“Terima kasih yang tinggi atas kepercayaan para peserta Mukornas dan para relawan dharma Puskor Hindunesia seluruh Indonesia untuk memilih saya secara aklamasi dengan penuh ketulusan dan rasa memiliki organisasi swadaya tersebut secara penuh,” kata Gus Sena. (111)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini