Kesiapsiagaan Puncak KTT G20, Basarnas Terjunkan 3 Heli dan 2 KN SAR

picsart 22 11 14 20 23 04 306
SIAGA - Kesiapsiagaan Basarnas dalam mendukung puncak KTT G20.

Kutsel, DENPOST.id

Basarnas menggerakkan heli Bolcow BO 105 HR-1521 ke KN SAR Wisnu, dan rencananya akan siap siaga selama berlangsungnya KTT G20, Senin (14/11/2022). Heli take off dari Garuda Wisnu Kencana (GWK) pada pukul 08.41 Wita, selanjutnya RON (Remain Over Night) di Helipad KN SAR Wisnu.

“Pergerakan heli hari ini berjalan lancar dan aman, sementara heli BO 105 ditempatkan di kapal, maka heli Dauphin HR 3606 akan menggantikan posisi standby di GWK,” terang Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyanto.

Baca juga :  Satroni Rumah Warga Belanda, Garong Gasak Perhiasan Senilai Ini

Sebelumnya, heli Dauphin HR 3606 melakukan siaga SAR dalam rangka mendukung giat World Superbike Championship (WSBK). Selanjutnya, pagi tadi terbang menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, dan kembali mengudara untuk selanjutnya standby di GWK. “Jadi ada 3 Heli Basarnas dan 2 KN SAR yang siap mendukung KTT G20,” imbuhnya.

Ribut Eko Suyanto didampingi Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Agus Haryono, serta Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada menyaksikan langsung heli deck party dan memastikan kesiapsiagaan alut laut KN SAR Wisnu beserta personelnya. Penempatan formasi kesiapsiagaan alut dan personel pada puncak KTT G20 ini, telah sesuai dengan rencana pergerakan. “Ketika nanti kemungkinan terburuk terjadi kondisi darurat, maka bisa merespon dengan cepat dan proses evakuasi bisa melalui laut atau akses cepat heli,” ungkap Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyanto. (113)

Baca juga :  Paparkan Program PPNSB, PDIP Bangka Belitung Undang Wabup Suiasa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini