Aparat Desa Perancak Temukan Patung di Pantai

picsart 22 11 16 16 52 33 435
PATUNG - Patung yang ditemukan di pinggir pantai diamankan di kantor Desa Perancak.

Negara, DENPOST.id

Sebuah patung yang dikatakan berwujud Dang Hyang Nirartha/Betara Sakti Wawu Rauh ditemukan di pesisir Pantai Perancak, Kecamatan Jembrana, Rabu (16/11/2022) pukul 10.00 wita. Kini patung tersebut diamankan di Kantor Desa Perancak.

Perbekel Perancak, I Wayan Wijana, mengatakan, penemuan tersebut berawal ketika dia dan beberapa kelian banjar akan memasang spanduk Desa Cinta Statistik.
Setelah itu mereka akan melihat pembangunan tempat penambatan perahu dengan anggaran APBDes.
“Saat saya menoleh ke pantai saya lihat ada patung. Kemudian kami mendekat. Salah seorang kelian banjar mengatakan itu patung Dang Hyang Nirarta/Betara Sakti Wawu Rauh. Kami tidak berani mengambil langkah-langkah. Akhirnya kami koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Polsek Jembrana. Akhirnya patung kami amankan di kantor desa,” jelasnya.

Baca juga :  Jelang Nataru, PPDN Masuk Bali Meningkat

Kondisi patung terlihat masih baru, catnya juga tidak ada yang mengelupas, sehingga menjadi misteri siapa dan apa tujuan adanya patung tersebut.
Diduga patung itu antara ada yang membayar sesangi/kaul dan ada juga pencurian patung.

Sementara Kapolsek Jembrana, Iptu I Putu Budi Santika, mengatakan, terkait penemuan patung, langkah yang diambil perbekel sudah tepat.
Dari pengecekan fisik terhadap patung tersebut belum ditemukan adanya dugaan pelanggaran.
“Kami nilai patung tersebut masih dalam kondisi baru artinya patung ini masih dari si pembuat atau dari penjual. Namun demikian kami tetap dalami dan berkordinasi dengan aparat adat maupun perbekel Perancak. Harapan kami masyarakat tidak gaduh dan kami harap masyarakat lebih waspada dengan maraknya pencurian pratima pada tempat suci,” pintanya. (120)

Baca juga :  Bawa Penumpang, Empat Travel Bodong Diamankan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini