Hingga Rabu Malam, Terdapat 39 Penerbangan Pesawat VVIP KTT G20

picsart 22 11 17 14 23 24 742
DELEGASI - Menhub Budi Karya Sumadi saat mengantar kepulangan beberapa Delegasi di Bandara Ngurah Rai. DENPOST.id/ist

Kuta, DENPOST.id

Pengaturan penerbangan yang dilakukan pada hari puncak kepulangan para delegasi KTT G20, Rabu (16/11/2022) di Bandara Ngurah Rai, berjalan baik. Pada Rabu kemarin, sejak pagi hingga tengah malam terdapat 39 keberangkatan penerbangan VVIP, baik menggunakan pesawat kenegaraan maupun komersial.

Dari total penerbangan, sebanyak 25 penerbangan merupakan pesawat para kepala negara dan pimpinan lembaga internasional. Sementara sisanya adalah pesawat yang mengangkut para tim pendukung delegasi. Sebelumnya pada Selasa (15/11/2022), terdapat 5 keberangkatan penerbangan VVIP dari Bandara Ngurah Rai.
Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto, Kamis (17/11/2022).

Baca juga :  Wabub Sutjidra Akui Kembalikan Uang Rp1 Miliar Lebih

Dijelaskannya, dalam proses kepulangan delegasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut mengantar di Bandara Ngurah Rai. Di antaranya yaitu Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni yang berangkat pukul 20.00 Wita menggunakan private jet dan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard yang berangkat pukul 18.40 Wita menggunakan pesawat komersial.
“Hari Kamis ini, masih terdapat sejumlah penerbangan VVIP namun jumlahnya relatif tidak banyak seperti Rabu kemarin. Kami akan terus melakukan pengaturan penerbangan untuk menjaga kelancaran lalu lintas penerbangan VVIP maupun penerbangan reguler,” tutur Novie.

Beberapa pesawat VVIP yang berangkat pada Rabu (16/11/2022) kemarin yaitu: Pesawat Air Force One Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang berangkat pukul 14.26 Wita, pesawat kenegaraan Presiden Turki Erdogan yang berangkat pukul 16.05 Wita, serta pesawat Presiden Perancis Emmanuel Macron yang berangkat pukul 19.30 Wita.

Baca juga :  Ngaku Kerja di Kapal Pesiar, Pemuda Menghilang

Selain pesawat pemimpin negara, sebanyak 10 pesawat komersial juga berangkat dari Bandara Ngurah Rai membawa pulang para pemimpin dan rombongan dari organisasi internasional. Di antaranya yaitu: Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), Komisi Eropa, International Labour Organization (ILO), serta World Trade Organization (WTO). (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini