Desa Besakih Gelar Upacara Pangrapuh di Gunung Agung

picsart 22 11 21 20 54 18 729
UPACARA PEMBERSIHAN - Desa Adat Besakih melaksanakan upacara pembersihan (pangrapuh) di Gunung Agung, Senin (21/11/2022). Upacara ini dilaksanakan menyusul meninggalnya seorang pendaki, Kevin Len Henderson. DENPOST.id/ist

Amlapura, DENPOST.id

Pascameninggalnya seorang pendaki, Kelvin Len Henderson, Desa Adat Besakih melaksanakan upacara pembersihan (pangrapuh) di Gunung Agung, Senin (21/11/2022). Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, Gusti Mangku Jana, mengungkapkan, untuk upacara pengrapuh dilakukan di lokasi kejadian bule yang terjatuh tersebut.

“Kami telah ngaturang banten prayascita dan banten pangerapuh. Selanjutnya mengambil tanah di lokasi kejadian, kemudian dibuang ke sungai agar di jalur pendakian itu tidak lagi cuntaka,” ucapnya.

Baca juga :  Tersesat di Gunung Agung, Dua WNA Berhasil Dievakuasi

Jro Mangku Jana menambahkan, setelah dilakukan upacara pembersihan di lokasi kejadian, selanjutnya akan dilaksanakan upacara penyucian dipusatkan di Pura Pengubengan Besakih.

“Terkait kapan waktu upacara itu akan digelar, mungkin besok kita masih mohon petunjuk Ida wiku. Karena hari ini Soma Umanis Tolu para pemangku melaksanakan piodalan di beberapa pura/pelinggih,” katanya. (tim dp).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini