Dikeluhkan Warga, Kontainer Sampah di Dauhwaru Ditarik Dinas LH

picsart 22 11 21 20 53 22 974
KONTAINER SAMPAH - Kontainer sampah yang ada di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, yang ditarik Dinas LH.

Negara, DENPOST.id

Diduga karena mencemari lingkungan dan dimanfaatkan orang luar, kontainer sampah yang berada di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, tepatnya di belakang Swalayan Clandys ditarik Dinas LH Kabupaten Jembrana. Sejumlah warga LC Dauhwaru, Senin (21/11/2022), menilai adanya kontainer sampah tersebut sangat mengganggu lingkungan, di samping baunya tidak sedap, warga juga sembarangan membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga di tempat tersebut sampah berserakan.

“Kadang-kadang mereka membuang sampah dari atas motor hanya dilempar begitu saja, sehingga berserakan dan diambil oleh anjing terus dibawa ke rumah warga,” kata salah seorang warga.

Baca juga :  Pengidap HIV di Jembrana Meningkat di Masa Pandemi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana, Dewa Gede Ary Candra Wisnawa mengatakan penarikan kontainer sampah tersebut, merupakan permohonan dari Kepala Lingkungan Menega dan Sri Mandala. Dengan adanya permohonan tersebut, pihaknya langsung menarik kontainer tersebut, dikarenakan Kelurahan Dauhwaru akan meningkatkan pelayanan.

Kelurahan Dauhwaru, lanjut Ari, akan meningkatkan pelayanan penjemputan sampah. Selama ini, kontainer tersebut ada indikasi selain dimanfaatkan oleh warga setempat juga banyak dimanfaatkan oleh orang luar kelurahan. “Oleh sebab itu, kami bersama Lurah Dauhwaru melaksanakan peningkatan pelayanan penjemputan. Sekaligus kita akan mengaktifkan kembali TPS3R di Kelurahan Dauhwaru,” ucapnya.

Baca juga :  Di Jembrana, Satu Kasus Pertama Kematian Akibat Covid-19

Ia menghimbau jika warga yang belum mendapatkan informasi yang jelas, dipersilahkan bertanya langsung kepada kepala lingkungan setempat baik itu Kepala Lingkungan Menega dan Juga Sri Mandala atau ke kelurahan. “Jadi nanti setiap 2 atau 3 bulan kita akan evaluasi program TPS3R yang baru dimulai diterapkan oleh Kelurahan Dauhwaru. Dari hasil evaluasi nanti kita tentukan langkah-langkah selanjutnya,” tandasnya.

Lurah Dauhwaru, Ni Komang Sri Wahyuni mengungkapkan adanya kontainer sampah tersebut, memang sebelumnya ada warga yang keberatan dan mereka langsung membuat surat ke kantor. Dikatakan dia, sebelumnya memang ada warga keberatan dengan keberadaan kontainer di sana. Warga juga mengeluh sering ada orang buang sampah tidak tepat di pembuangan, mereka membuang sampah lewat sepeda motor. (120)

Baca juga :  Nyepi, RSU Negara Tangani Dua Orang Digigit Ular

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini