Rutan Negara Overload, Diusulkan Naik Kelas

picsart 22 11 24 15 18 22 237
PISAH SAMBUT - Karutan Negara yang lama Bambang Hendra Setyawan dan Karutan yang baru Lilik Subagiyono saat acara posah sambut.

Negara, DENPOST.id

Kondisi Rutan Kelas II B Negara saat ini kelebihan kapasitas alias overload. Warga binaan (WBP) baik tahanan maupun narapidana yang menjadi penghuni Rutan Negara saat ini sebanyak 140 orang. Terdiri dari 132 laki-laki dan 8 orang perempuan. “Ini sudah overload melebihi kapasitas yang sebelumnya maksimal kapasitas dari Rutan Kelas II B Negara ini hanya 72 orang,” kata Karutan Kelas II B yang baru menjabat Lilik Subagiyono, seusai pisah sambut Karutan, di halaman dalam Rutan Negara, Kamis (24/11/2022).

Lilik Subagiyono berencana akan menaikan status rutan menjadi lapas.
Peningkatan status rutan menjadi lapas
ini merupakan harapannya ke depan.
“Hanya bisa berusaha dan angan-angan ke depan. Saya sebagai Karutan yang baru akan berusaha ke depannya, kita punya harapan dan ingin saya torehkan untuk meningkatkan status rutan ini menjadi lapas,” harapnya.

Baca juga :  Hingga Tumbuh Pepaya, Trotoar Jebol Belum Ditangani

Menurutnya, ini tergantung dari pusat yang nanti akan merealisasikan apa yang diajukannya.
“Untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas ini kita akan koordinasi dengan kantor wilayah. Untuk menyampaikan warga binaan mungkin masa pidana yang terlalu tinggi akan kita laporkan ke kanwil dulu, selanjutnya menunggu dari kanwil untuk proses lebih lanjut,” katanya.

Terkait asimilasi, sampai saat ini belum ada informasi dari kantor wilayah maupun kantor pusat. “Belum ada informasi diperpanjang atau sudah selesai. Sampai saat ini masih status pandemi Covid-19, pusat sendiri masih belum memberikan statment dan sampai saat ini kami masih menunggu,” jelasnya.

Baca juga :  Tengkorak Manusia yang Ditemukan di Sumbersari akan Dikubur

Sebelumnya serah terima jabatan sudah dilakukan di Kanwil Kamenkumham Bali pada Jumat 18 November 2022. Karutan Negara yang lama Bambang Hendra Setyawan digantikan oleh mantan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib di Lapas Kelas IIA Kediri, Lilik Subagiyono.

Lilik Subagiyono mengatakan, sebagai Karutan Kelas II B Jembrana, ke depan dirinya akan menjalankan program kemandirian. Terkait dengan program yang sudah berjalan seperti perikanan, pertanian akan terus dilanjutkan supaya ke depannya menjadikan Rutan Kelas II B lebih maju.
“Selain itu kita akan bekerjasama dengan para pemangku kepentingan yang ada di Rutan Kelas II B Negara ini. Kita lebih melakukan koordinasi, konsulidasi dengan Forkopimda Kabupaten Jembrana setelah acara serah terima ini,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  Cegah PMK, Kapolsek Pekutatan Minta BPTU HPT Waspada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini