Petugas Vaksinator Bangli Sisir Ternak Belum Tervaksin PMK

picsart 22 11 24 19 40 49 393
PANTAU PETERNAK - Anggota Bhabinkantibmas Polres Bangli, saat ikut melakukan pemantauan perkembangan kasus PMK di peternak di Bangli.

Bangli, DENPOST.id

Cakupan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Bangli hingga 22 November tahun 2022, telah mencapai 113 persen lebih. Kendati demikian, petugas vaksinator masih tetap melakukan penyisiran terhadap adanya ternak yang belum tervaksin, baik dosis I maupun dosis II.

“Satgas penanganan PMK Kabupaten Bangli terus melakukan evaluasi terkait target capaian. Yang mana, dalam evaluasi ini ditekankan agar dilakukan penyisiran terhadap ternak yang belum tervaksin PMK, baik dosis I dan II,” kata Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli, I Made Alit Parwata, saat dikonfirmasi, Kamis (24/11/2022).

Baca juga :  Pendaftaran Parpol Dimulai di Gianyar

Kata dia, ada sejumlah sapi yang memang belum tervaksin lantaran saat vaksinasi dilakukan, ternak sapi dalam kondisi sakit atau hamil (bunting). Karena itu, petugas kembali melakukan penyisiran. “Jadi, hewan yang semula sakit harus dapatkan vaksin. Sementara yang sebelunya bunting, kemudian telah melahirkan juga akan divaksin. Ini upaya untuk pengendalian PMK di Bangli,” ujarnya.

Alit Parwata menambahkan kini peternak yang akan menjual sapinya wajib menunjukkan surat keterangan surat kesehatan hewan dari doter hewan. “Peternak kalau ingin jual ternak sapi wajib membawa surat keterangan sehat dari petugas kesehatan hewan,” terang Alit Parwata.

Baca juga :  Penindakan Operasi Patuh Terkendala CCTV

Sementara di bagian lain, petugas Polres Bangli dalam hal ini Bhabinkantibmas tetap diperintahkan untuk melakukan pemantauan terhadap perkembangan kasus PMK di bumi sejuk itu. Seperti halnya yang dilakukkan Bhabinkantibmas Tembuku, Aiptu Wayan Weda, dan Bhabinsa Tembuku, Peltu Kadek Somenada. “Kita tetap ditugaskan untuk turun memantau dan memberikan sosialisasi tata cara pencegahan PMK. Dan kita telah mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin,” jelasnya. (128)

Baca juga :  23 September, Klungkung Akan Gelar Pembelajaran Tatap Muka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini