Sucikan Kawasan Gunung Agung, Desa Adat Besakih Gelar Pamarisuda Giri Pawarta

picsart 22 11 30 16 03 59 882
UPACARA - Desa Adat Besakih menggelar upacara Pamarisuda Giri Pawarta Gunung Agung di Pura Pengubengan, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, pada Rabu (30/11/2022).

Amlapura, DENPOST.id

Guna menghilangkan leteh (kotor secara niskala) pascatewasnya seorang pendaki di lereng Gunung Agung, Desa Adat Besakih menggelar upacara Pamarisuda Giri Pawarta Gunung Agung. Upacara penyucian kawasan Gunung Agung ini dilaksanakan di Pura Pengubengan, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, pada Rabu (30/11/2022).

Menurut Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, upacara ini harus dilaksanakan. Karena secara niskala, harus dilakukan penyucian kembali pascaadanya kejadian WNA yang meninggal saat mendaki Gunung Agung. “Bila upacara ini tidak dilakukan, secara sekalanya kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi ke depannya,” kata Widiartha.

Baca juga :  Hujan Lebat, Penyengker Rumah di Besakih Ambrol

Sementara itu, Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, Gusti Mangku Jana, mengungkapkan, sebelum dilaksanakan upacara Pamarisuda Giri Pawarta Gunung Agung ini, tepatnya tiga hari pascakejadian, Desa Adat Besakih telah melaksanakan upacara pembersihan (pangrapuh) di lokasi WNA meninggal.
“Upacara Pamarisuda Giri Pawarta Gunung Agung ini bertujuan untuk penyucian gunung dan hutan-hutan di Gunung Agung setelah adanya kejadian itu. Kita pusatkan di Pura Pengubengan, karena merupakan istana Ida Bhatara Gunung Agung,” paparnya.

Mangku Jana juga menjelaskan mengenai upakara yang dipersembahkan dalam upacara ini. “Untuk sanggar surya sarana upakaranya ada catur rebah dan di sor-nya lengkap dengan tetandingan rsi gana. Kemudian dasarnya caru panca kelud, dilengkapi bebangkit, gelar sanga beserta tebasan-tebasan terkait. Termasuk upakara sapuh lara melaradan, tebasan guru piduka dan mendu piduka,” pungkasnya. (tim dp)

Baca juga :  Begini Kesaksian Ardiantoro Sebelum KMP Dharma Rucitra III Miring

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini