Terkait Reklamasi di Pantai Melasti, Polda Sebut Segera Gelar Perkara

picsart 22 12 01 13 01 09 231
Kabid Humas Polda Bali, Kombes Satake Bayu

Kereneng, DENPOST.id

Aparat Subdit II Ditreskrimum Polda Bali akan segera melakukan gelar perkara terkait dugaan reklamasi ilegal di Pantai Melasti, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung. Rencana tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Bali, Kombes Satake Bayu, saat ditanya terkait hasil penyelidikan pengurukan ilegal di Pantai Melasti.

Adanya aktivitas tak berizin di objek pariwisata tersebut mulanya dilaporkan oleh Pemerintah Kabupaten Badung melalui Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara. Saat itu, pihak Pemkab mengetahui adanya aktivitas reklamasi ilegal yang dilakukan I Made Sukalama, selaku Direktur PT Tebing Mas Estate. “Pascalaporan tersebut, aparat Subdit II Ditreskrimum kemudian memeriksa 30 orang saksi. Puluhan orang saksi yang diperiksa itu berasal dari berbagai instasi, yakni Satpol PP Badung, Dinas PUPR Badung, Dinas Perikanan Badung, kelompok nelayan termasuk warga sekitar Pantai Melasti, Manajer PT Tebing Mas, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Komisaris PT Tebing Mas dan Dinas Penanaman Modal,” ucap Bayu, Kamis (1/12/2022).

Baca juga :  Bangkitkan Ekonomi Krama, LPD Kedonganan Buka Tekad

Dia mengatakan, bukti lainnya juga telah diperiksa berupa foto-foto lokasi yang diuruk maupun tebing yang dikeruk. Selain itu fotokopi citra satelit 2018 dan 2020 dari BPN Badung. “Dugaan reklamasi itu melanggar UU Nomor 26 tahun 2007 dan UU Nomor 32 tahun 2009 dan atau UU Nomor 1 tahun 2014, tentang Tata Ruang Lingkungan Hidup dan Pulau-pulau Pesisir Pantai,” ungkapnya.

Bayu mengakui penanganan perkara ini memakan waktu atau proses panjang dan membutuhkan keseriusan. Meski berjalan lambat, lanjutnya, Polda Bali tetap memroses laporan tersebut sampai saat ini. “Jadi perkembangannya nanti akan dilakukan gelar perkara. Setelah itu baru dilakukan penyidikan. Penanganan kasus ini membutuhkan keseriusan. Saat ini perkaranya tetap jalan,” tegasnya. (124)

Baca juga :  Curi Motor, Pencuri Asal Sumba Hanya Perlu Tiga Detik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini