Kelebihan Kapasitas, Lima Orang Narapidana Dipindah

picsart 22 12 03 18 04 02 674
DIPINDAH - Guna mengurangi kelebihan kapasitas di Rutan Kelas II B Negara, lima orang narapidana, Jumat (2/12/2022) malam dipindah.

Negara, DENPOST.id

Guna mengurangi kelebihan kapasitas di Rutan Kelas II B Negara, lima orang narapidana, Jumat (2/12/2022) malam dipindah.
Kepala Rutan Kelas II B Negara, Lilik Subagiyono, mengatakan, overload merupakan permasalahan di hampir seluruh lapas dan rutan di Indonesia.
Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pengamanan dan pembinaan tahanan dan narapidana, sehingga pemindahan narapidana merupakan salah satu solusi.

Dikatakan Lilik, di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Negara saat ini dihuni 140 orang. Padahal kapasitas rutan hanya 71 orang.
Lima orang narapidana yang dipindah yaitu 3 napi kasus narkotika, 1 perlindungan anak dan 1 pencurian.

Baca juga :  Tangkal Covid-19, Satpol Air Polres Jembrana Edukasi Nelayan

Pemindahan dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Bali serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dituju.
Pemindahan narapidana dibagi ke dua tempat yaitu satu orang ke Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika (Lapastik) Kelas IIA Bangli dan empat orang ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Karangasem.

Sebelum dipindahkan, kelima narapidana dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rapid antigen terlebih dahulu dan dinyatakan Non Reaktif atau negatif Covid-19.
Sebelum berangkat, petugas pengawal melakukan pemasangan borgol pada narapidana guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban selama dalam perjalanan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Baca juga :  Kasus Covid-19 di Jembrana Kembali Meningkat, Satu Pasien Meninggal

Usai proses administrasi, lima orang narapidana segera dimasukkan ke mobil tahanan dan diantar menuju UPT tujuan.
Pengawalan dilaksanakan oleh enam orang petugas rutan dan 2 orang anggota Polres Jembrana.

Perjalanan dilakukan secara bersamaan diawali ke Lapastik Bangli. Setelah selesai melakukan administrasi dan serah terima satu orang narapidana, rombongan melanjutkan perjalanan ke Lapas Karangasem untuk mengawal sisa empat orang narapidana.

“Pemindahan lima orang narapidana ini dilaksanakan guna mengurangi kapaitas rutan serta untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut di Lembaga Pemasyarakatan yang dituju,” terang Lilik Subagiyono. Selanjutnya pihak Rutan akan menghubungi keluarga narapidana untuk mengabari terkait pemindahan ini. (120)

Baca juga :  H-7, Gilimanuk Didominasi Kendaraan Barang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini